Logo Saibumi

Jenderal Polisi Asal Lampung Brigjen Rudi Setiawan Lolos Seleksi Pejabat KPK

Jenderal Polisi Asal Lampung Brigjen Rudi Setiawan Lolos Seleksi Pejabat KPK

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan yang merupakan putra Lampung lolos seleksi KPK | Ist/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Sejumlah Jenderal Polri dan petinggi Kejaksaan Agung (Kejagung) lolos seleksi administrasi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2022. Nama-nama mereka tercatat dalam Pengumuman Nomor B/002/Pansel KPK/03/2022.

Salah satu jenderal dari kepolisian yang lolos seleksi administrasi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama KPK, merupakan putra daerah Lampung yaitu Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Rudi Setiawan, S.I.K., S.H., MH. yang saat ini menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Ketua SMSI Lampung Donny Irawan Minta Praktik Ilegal Pemalsuan Surat Antigen di Proses Hukum

Brigjen Pol Rudi Setiawan yang lahir di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan pada 9 November 1968 tersebut merupakan lulusan Akpol tahun 1993. Sebelum menjabat Wakapolda Sumatera Selatan, Jenderal Bintang Satu itu Pernah bersekolah di FBI (Federal Bureau of Investigation), dan pernah menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya dan sempat pulang kampung menjadi Wakapolda Lampung.

Sebelumnya, beberapa nama yang lolos seleksi KPK yaitu, pelamar di posisi Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, kandidatnya ialah Jaksa Fungsional pada Jampidsus Kejaksaan Agung KMS A Roni serta Mochamad Rum, Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Dadang Hartanto serta Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Rudi Setiawan. 
 
Sementara untuk posisi Direktur Penyidikan KPK, terdapat sejumlah nama dari instansi Polri. Mereka di antaranya Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto, Kasubdit I Dittipidkor Bareskrim Polri Kombes Sigit Widodo, dan Irwasda Polda Bali Kombes Awang Joko Rumitro, serta Kasatgas Penyidikan KPK Budi Sokmo Wibowo. 
 
Selain itu, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri turut lolos dalam seleksi administrasi kali ini. Pria berlatar belakang jaksa itu melamar untuk posisi Kepala Sekretariat Dewan Pengawas.  Sementara Kepala Bagian Pemberitaan Biro Humas di KPK Yuyuk Andriati Iskak melamar untuk posisi Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK. 
 
Adapun para peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya yakni penulisan makalah/policy brief serta bahan presentasi. Tahapan tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (10/3/2023) di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cililitan, Jakarta mulai dari pukul 08:00 WIB sampai selesai.(Van)

BACA JUGA: SMSI Pusat Desak Polisi Usut Kasus Penganiayaan Ketua SMSI Madina Terkait Pemberitaan

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA