Logo Saibumi

BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah Tambak Udang Vaname di Lampung, Risiko Udang Mati Tinggi

BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah Tambak Udang Vaname di Lampung, Risiko Udang Mati Tinggi

Foto: Prakiraan cuaca tambak udang vanamei di Provinsi Lampung | BMKG Lampung (Saibumi.com/Ist)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisiki (BMKG) Provinsi Lampung memprakirakan hujan bakal mengguyur beberapa wilayah di Lampung yang menjadi tempat tambak udang vaname. Prakiraan cuaca ini berlaku mulai dari Kamis (10/2/2022) hingga pekan depan Rabu (16/2/2022).

 

BACA JUGA: Catat ! Kamis 10 Kamis 2022, Kota Bandar Lampung Bakal Diguyur Hujan Sore Hari

Untuk tambak udang vaname di Bumi Dipasena Utama Kabupaten Tulang Bawang, hujan diprediksi bakal rutin mengguyur wilayah tersebut selama sepekan. Di Labuhan Maringgai dan Gunung Pelindung Lampung Timur hujan juga bakal mengguyur wilayah tambak, terparah Kamis (13/2/2022) akan turun hujan petir. Sementara di Pasir Sakti Lampung Timur hujan juga akan turun.

 

Di Kecamatan Punduh Pidada dan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, hujan deras akan terjadi pada Kamis (10/2/2022) dan hujan petir akan terjadi pada Sabtu (12/2/2022). Di Kecamatan Ngambur dan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, hujan deras akan turun pada Kamis dan Jumat (10-11/2/2022). Berbeda di Kecamatan Bengkunat Pesisir Barat yang akan hujan petir pada Sabtu-Minggi (12-13/2/2022).

 

Tambak Udang yang berada di Kecamatan Cukuh Balak dan Limau juga tidak lepas dari hujan deras pada Kamis (10/2/2022) dan hujan petir pada Senin (14/2/2022). Terakhir, tambak udang di Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan akan diterjang hujan tidak sampai sepekan, ada dua hari cuaca mengalami berawan.

 

"Hujan yang turun terus menurus dapat menurunkan kadar salinitas, alkalinitas, pH, suhu, dan oksigen pada air tambak," ujar keterangan yang dikutip dari Instagram resmi @BMKGLampung, Kamis (10/2/2022).

 

BMKG Lampung pun menyarankan beberapa cara agar dapat dilakukan pencegahan kematian udang, yaitu yang pertama memaksimalkan aerator, kedua menjaga kadar oksigen lebih dari 20 persen, ketiga membuang air hujan lewat pembuangan atas, keempat tidak memberi makan saat hujan turun, kelima rutin pemberian probiotik.(Van)

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Lampung, Berpotensi Hujan Ringan Hingga Lebat

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA