Logo Saibumi

Kamu Flu? Hindari Makan dan Minuman Ini Jika Ingin Segera Pulih

Kamu Flu? Hindari Makan dan Minuman Ini Jika Ingin Segera Pulih

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Musim pancaroba sering kali datang penyakit dikarenakan cuaca sering berubah-rubah dari panas kemudian dingin, ditambah kondisi tubuh sedang tidak fit penyakit Flu akan mudah cepat menyerang tubuh.

 

BACA JUGA: Klinik Pratama Saibumi Bangun MOU Dengan BPJS Bandar lampung

Flu, merupakan peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu biasanya memiliki gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan demam.

 

Untuk mempercepat proses penyebuhan berikut ada tips yang berhasil di himpun oleh Saibumi.com dikutip dari Klikdokter.com:

 

1. Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, minuman dan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari selama flu.

Sebab, mengonsumsi gula dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Hal tersebut juga berlaku pada kue kering, permen, es krim, dan makanan manis lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur. Pilih juga camilan yang rendah gula.

 

2. Susu

Agar gejala flu tidak semakin parah, hindari mengonsumsi susu. Menurut ahli, susu dapat menyebabkan lendir atau ingus bertahan lebih lama di paru-paru dan saluran pernapasan Anda.

Hasilnya, butuh waktu lama untuk menyembuhkan flu. Lebih jauh dari itu, lendir yang dibiarkan mengendap terlalu lama di dalam tubuh berpotensi memicu gejala yang lebih parah. Saat sakit, Anda sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh.

 

3. Makanan Pedas

Mengutip dari situs Men’s Health, jenis makanan yang satu ini juga harus dihindari saat flu. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai disebut dapat memperparah flu. Capsaicin dikenal ampuh mengiritasi hidung dan menyebabkan pilek semakin menjadi-jadi.

 

4. Daging

Selama flu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang membutuhkan energi lebih untuk diserap tubuh. Karenanya, daging menjadi salah satu pantangan makanan saat flu.

Anda bisa mengganti konsumsi daging dengan buah dan sayur-sayuran. Seorang ahli bahkan menganjurkan untuk menjalani pola makan selayaknya seorang vegetarian selama flu hingga beberapa saat setelah sembuh.

 

5. Alkohol

Sama seperti gula, minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat mengganggu pertahanan tubuh dari virus. Hal ini malah dapat membuat tubuh lebih sakit dari sebelumnya.

Mengonsumsi alkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi. Selama kondisi tubuh belum stabil, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol apalagi dalam jumlah banyak.

 
6. Makanan Terlalu Keras

Biskuit, crackers, chips dengan tekstur garing dapat memicu batuk dan nyeri tenggorokan. Ketika sudah dikunyah akan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan dan memicu batuk.

 
7. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji rendah kandungan nutrisinya. Saat flu, Anda membutuhkan lebih banyak vitamin dan nutrisi agar lebih cepat sembuh.

 

8. Minuman Bekafein

Minuman seperti kopi, soda, dan teh hitam dapat membuat Anda merasa lebih dehidrasi. Ketika kurang cairan, tenggorokan akan terasa kering dan memicu batuk.

 

9. Makanan Berminyak

Makanan berminyak lebih sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan gejala tambahan pada perut. Selain itu makanan berminyak juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

 

Sebagai informasi, enanganan pada penyakit flu bersifat simptomatik. Artinya, untuk menyembuhkan flu, yang perlu dilakukan adalah mengobati gejala yang ada.

 

Selain itu, untuk meredakan gejala flu sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai terlebih Klinik Pratama Saibumi memiliki tenaga medis sudah berpengalaman dibidangnya.

 

Klinik Pratama Saibumi miliki Bidan, Dokter Gigi dan juga Dokter umum siap jadi pilihan cek kesehatan keluarga anda.

 

Klinik Pratama Saibumi miliki fasilitas diantaranya melayani Homecare, pemeriksaan gigi, cek laboratorium dan juga rapid test Covid-19 dengan tempat yang bersih, aman dan nyaman beralamat di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 12, Kelurahan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung atau menghubungi nomor telepon (0721) 564- 2445 dan telepon seluler: 0811-7999-188.

 

Jam Oprasional Klinik Pratama Saibumi beroperasi Senin sampai dengan Sabtu pukul 08.00 - 20.30 WIB, untuk hari Minggu buka mulai pukul 08.30- 15.00 WIB.

 
 

BACA JUGA: Tips Cara Ampuh Cegah Virus Omicron

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA