Logo Saibumi

Sutradara Hanum Bramantyo Jalani Oprasi Pinched Nerve Biasa Disebut Saraf Kejepit, Berikut Gejalanya

Sutradara Hanum Bramantyo Jalani Oprasi Pinched Nerve Biasa Disebut Saraf Kejepit, Berikut Gejalanya

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Salah satu artis sekaligus sutradara Hanum Bramantyo, baru saja menjalani operasi saraf kejepit di salah satu rumah sakit di kawasan Jakarta, Rabu (12/1/2022).


Kabar tersebut diketahui di laman Instagram milik pribadinya dalam unggahan tersebut, Hanung Bramantyo sedang bersiap-siap menjalani operasi. Tak sendiri, sang ibu terlihat sedang mendampingi dirinya dan mengajaknya berbicara sembari memberikan dukungan.

BACA JUGA: Klinik Saibumi Siap Layani Test Antigen Kini Lebih Dekat di Jalan Gatot Subroto Bandarlampung


"Mama bersikeras ikut ke Jakarta untuk nemenin saya operasi. Meski sekedar duduk di ruang tunggu, tapi energinya besar sekali buat bikin saya pede. Foto diambil yayangku lagi @zaskiadyamecca," tulis Hanum Bramantyo di laman Instagram


Apa itu saraf kejepit atau disebut Pinched nerve, adalah suatu kondisi di mana saraf tertekan oleh bagian sekitarnya. Ketika Anda mengalami kondisi saraf terjepit, tubuh Anda akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri. Tentu sebaiknya Anda tidak remehkan tanda-tanda saraf kejepit, sebab kerusakan saraf bisa jadi besar. Kita tidak tahu pasti jika belum diperiksa.


Umumnya rasa nyeri pertama dirasakan pada punggung, tapi tidak menutup kemungkinan rasa nyeri dapat muncul di beberapa bagian tubuh. Contohnya, saat cakram hernia memberikan tekanan pada akar saraf Anda, rasa sakit pun akan terasa pada bagian belakang kaki Anda.


Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan jaringan menekan saraf adalah:

  1. Terluka.
  2. Postur tubuh yang tidak baik dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan saraf.
  3. Rematik atau arthritis pergelangan tangan.
  4. Stres dari pekerjaan yang berulang-ulang.
  5. Aktivitas olahraga yang rentan cedera.
  6. Berat badan yang berlebihan juga menekan saraf.


Terkadang gejala dari saraf kejepit hanya berupa rasa sakit saja di beberapa bagian tubuh. Sudah pasti kita pun tidak terpikir sampai pada saraf kejepit. Ada beberapa gejala lainnya yang bisa Anda amati, seperti:

  1. Mati rasa, kebas, atau penurunan sensasi untuk ‘merasa’ di daerah yang banyak sarafnya, misalnya nyeri di leher atau punggung bagian bawah.
  2. Adanya sensasi sakit atau nyeri seperti terbakar yang menjalar ke luar
  3. Kesemutan
  4. Lemahnya otot pada bagian yang diduga mengalami saraf kejepit.
  5. Sering merasa kaki dan tangan tidak merasakan apa-apa.
  6. Rasa seperti ditusuk-tusuk jarum.


Kondisi di mana saraf tertekan oleh bagian sekitarnya. Ketika Anda mengalami kondisi saraf terjepit, tubuh Anda akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri. Tentu sebaiknya Anda tidak remehkan tanda-tanda saraf kejepit, sebab kerusakan saraf bisa jadi besar. Kita tidak tahu pasti jika belum diperiksa

BACA JUGA: 90 Persen Lebih Anak di Kulonprogo Sudah di Vaksin



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong