Logo Saibumi

KPK Resmi Melimpahkan Berkas Perkara ATMN ke PN Tanjungkarang

KPK Resmi Melimpahkan Berkas Perkara ATMN ke PN Tanjungkarang

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara adik mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Akbar Tandaniria Mangkunegara (ATMN) ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang.

Pantauan saibumi.com, tim dari KPK tiba di PN Tanjungkarang pada pukul 13.15 WIB, selanjutnya tim mendaftarkan perkara di PTSP.

BACA JUGA: Vaksinasi Anak Belum Bisa Dilakukan di Lampung, ini Alasannya!

Adapun berkas yang dibawa oleh tim KPK sebanyak satu koper, berisi jumlah halaman dua berkas perkara tersebut kira-kira 1000 lembar.

"Iya, pada hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi telah melimpahkan perkara atas nama Akbar Tandaniria Mangkunegara. Jadi terhitung hari ini sudah kita limpahkan," ungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Taufiq Ibnugroho, saat diwawancarai, Selasa 14 Desember 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan, selanjutnya pihaknya tinggal menunggu dari Pengadilan ihwal jadwal sidang.

Disinggung pasal disangkakan Taufiq menyampaikan, yakni Pasal 12 huruf B atau Pasal 11 Juncto Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor sebagaiamana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP Juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

"Untuk saksi dalam berkas itu jumlahnya 121 saksi, namun nanti kita pilih mana yang terkait langsung dengan pokok perkara," jelasnya.

Perlu diketahui, untuk perkara ATMN, KPK menjelaskan tersangka Akbar Tandaria Mangkunegara merupakan adik kandung dari mantan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi di lingkungan Pemkab Lampung Utara tahun 2015 sampai 2019.

Akbar Tandaria diduga turut menikmati uang panas Rp2,3 miliar dari sejumlah rekanan yang menggarap proyek di Dinas PUPR Lampung Utara.

Akbar diduga menjadi perantara penerimaan sejumlah fee dari berbagai pihak untuk Agung Ilmu Mangkunegara, tersangka pun disebut-sebutsebagai orang yang membantu Agung Ilmu Mangkunegara dalam mengelola, mengatur, menyetor penerimaan sejumlah uang dari paket pekerjaan di Dinas PUPR Lampung Utara. (Riduan)

BACA JUGA: Pengurus PSMTI Lampung Dikukuhkan, Ini Kata Ketua Christian Chandra 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong