Logo Saibumi

PERADI : Vonis Istri 1 Tahun Penjara Akibat Marahi Suami Mabuk, Hukum Indonesia Lemah dan Kurang Restorative Justice

PERADI : Vonis Istri 1 Tahun Penjara Akibat Marahi Suami Mabuk, Hukum Indonesia Lemah dan Kurang Restorative Justice

Potret Valencya, istri di Karawang yang dituntut 1 tahun penjara lantaran marahi suami mabuk. Tangkapan layar [Kompas.com via dokumentasi Tribun Bekasi]

Saibumi.com (SMSI), Karawang - Praktik penegakan hukum yang berjalan di Indonesia, meski secara formal telah mendapat legitimasi hukum, namun legitimasi moral dan sosial cenderung masih lemah.

 

BACA JUGA: Gedung SMAN 96 Jakarta Roboh Saat Direnovasi, 4 Orang Teluka

Fakta membuat kesal seluruh jagat maya, Istri digugat suami lantaran dugaan KDRT dalam rumah tangga karena  memarahi suami yang pulang dalam keadaan mabuk.

 

Merespons kasus seorang istri di Karawang, Jawa Barat, yang dijatuhi hukuman 1 tahun penjara karena memarahi suaminya yang mabuk, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kabupaten Karawang, menyebut tuntutan itu seharusnya tidak terjadi.

 

Hal itu disampaikan Ketua Peradi Karawang Asep Agustian, di Karawang, Jawa Barat, Selasa, 16 November 2021.

 

“Itu (kasus itu) seharusnya tidak terjadi jika ditangani secara restorative justice dan mengedepankan keadilan terhadap perempuan,” kata Asep Agustian ketua Peradi Karawang, Jawa Barat (16/11)

 

Valencya kini harus menjadi terdakwa dalam perkara kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dengan tuntutan satu tahun hukuman penjara setelah memarahi suaminya.

 

Secara tidak sadar, Fakta Realita hukum seperti dibuat untuk menghancurkan masyarakat miskin dan menyanjung kaum elit, karena penegak hukum sering kali mengabaikan realitas yang terjadi di masyarakat dalam menegakkan peraturan.

 

Mungkin hal ini adalah dampak dari sistem pendidikan hukum di Indonesia yang lebih mengedepankan positifisme, daripada fakta sosial.

 

BACA JUGA: PPKM Level 3 Diterapkan di Seluruh Indonesia Saat Jelang Libur Natal dan Tahun Baru!

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA