Logo Saibumi

2022 Jalan Tol Bebas Hambatan Disinyalir Teknologi Baru, Berikut Aturannya

2022 Jalan Tol Bebas Hambatan Disinyalir Teknologi Baru, Berikut Aturannya

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Pemerintah menargetkan pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) dilakukan pada September 2022.

 

BACA JUGA: Sepele Tapi Sering Terlupakan, Pentingnya Pake Jaket Saat Berkendara

Salah satu tujuan MLFF adalah menghilangkan kemacetan di gerbang tol dikarenakan tidak adanya antrean kendaraan saat melakukan transaksi pembayaran.

 

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, sistem tersebut dapat menghemat waktu 30 detik hingga 5 menit yang biasanya digunakan untuk bertransaksi di gerbang tol dan mengurangi emisi hingga 35%. Nanti ada konektivitas telepon pintar (smartphone) dan satelit, yang akan membantu sehingga palang dan gerbang tol tidak lagi diperlukan.

 

Pengguna dapat masuk keluar jalan tol tanpa hambatan dan tarif tol nantinya akan terpotong otomatis dari saldo pengguna melalui aplikasi yang berfungsi sebagai On Board Unit (OBU) elektronik atau e-OBU saat melewati sensor pada akses masuk tol.

 

"Kita sedang berkejaran dengan China yang juga melakukan hal yang sama (penggunaan GNSS) untuk kendaraan Golongan 1. Di Eropa juga diterapkan untuk kendaraan berat. Tetapi di Asia, baru Indonesia dan China akan menjadi dua negara pertama yang menggunakan GNSS untuk kendaraan pribadi," ujarnya.

BACA JUGA: Inilah Alasan Kenapa Motor Mogok Dan Tips Untuk Mengatasinya



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong