Logo Saibumi

Kopi Durian Berbahaya atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Kopi Durian Berbahaya atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kopi durian memang menjadi trend dikalangan masyarakat. Namun, seiring hal itu banyak masyarakat mempertanyakan, bahayakah mengkonsumsi kopi durian?

 

BACA JUGA: Pemalsuan surat Covid-19, Ketua SMSI Lampung minta Proses Hukum harus di lanjutkan

Menurut dr. Bambang Hady dari KlikDokter kepada saibumi.com, keduanya bila dikonsumsi dalam waktu berdekatan memang bisa berbahaya karena bisa menyebabkan dada berdebar.

 

"Pada durian yang terlalu matang, terkandung alkohol akibat fermentasi. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang yang sensitif," ungkap dr. Bambang Hady, Jumat (1/10/2021).

 

"Demikian juga dengan kopi. Pada orang yang sensitif, terkadang meningkatkan tensi dan denyut jantung. Jadi, bisa saja makan durian dan minum kopi berakibat fatal," lanjutnya.

 

Namun, ternyata kopi dan durian hanya meningkatkan risiko saja dan bukan ‘dalang’ dari akibat fatal yang terjadi. Alias tidak bisa disalahkan sebagai penyebab utama. Sebab, bisa jadi karena sudah ada masalah kesehatan tertentu sebelumnya.

 

Pasalnya, durian sendiri mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, lemak tak jenuh justru dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Sementara, mengonsumsi lemak tak jenuh bisa membuat jantung menjadi sehat.

 

Namun, segala sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik, termasuk mengonsumsi durian. Khususnya bagi penderita diabetes. Ini karena durian memiliki kadar gula yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

 

Jadi, keluhan kesehatan yang diakibatkan dari minum kopi dan makan durian bergantung pada kondisi masing-masing orang. (Riduan)

BACA JUGA: Siap-Siap, Gaji Pekerja Minimal Rp5 Juta Bakalan Kena Pajak 5 Persen

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong