Logo Saibumi

Cek! Ini Dia Manfaat Scaling Gigi Untuk Kesehatan

Cek! Ini Dia Manfaat Scaling Gigi Untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Info Sehat  - Gigi yang sehat dan bersih tentu membuat Anda lebih percaya diri, Bukan? Namun agar senantiasa sehat dan bersih, sikat gigi saja tidak cukup. Banyak pilihan perawatan gigi di dokter yang sebaiknya secar rutin Anda lakukan, salah satunya adalah scaling gigi.

 

BACA JUGA: Inilah Rekomendasi Serum Wajah Untuk Jerawat Terbaik

Apa itu Secaling gigi? Scaling adalah prosedur pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler.

 

Karang gigi atau tartar itu sendiri adalah tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi membuat tampilan gigi tampak tidak terawat. Pasalnya, plak yang mengeras cenderung berwarna kusam, bisa berwarna kuning kecokelatan hingga hitam.

 

Alat ultrasonic scaler akan menghasilkan getaran yang mampu menghancurkan dan merontokkan karang di sela-sela hingga bagian terdalam gigi. Tak hanya itu, alat ini juga dapat membersihkan karang gigi di garis gusi yang sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi.

 

Saat melakukan scaling, Anda mungkin merasakan gusi bengkak, nyeri, atau bahkan berdarah. Hal ini terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang sedang menyesuaikan diri dengan proses scaling agar kembali bersih seperti kondisi semula.

 

Kapan sebaiknya melakukan scaling gigi?

Dari data yang di himpung Saibumi.com, Karang gigi tidak mudah dibersihkan hanya dengan menyikat gigi rutin atau menggunakan benang gigi (dental floss) saja. Maka dari itu, Anda perlu ke dokter gigi untuk menjalani prosedur scaling. Scaling dapat membersihkan karang gigi yang sangat keras sekali pun.

 

Anda disarankan menjalani scaling setiap enam bulan sekali. Namun untuk kasus yang berat, misalnya ada memiliki gejala penyakit gusi, maka scaling dapat dilakukan sesegera mungkin atau tiga bulan sekali. 

 

Beberapa manfaat yang berhasil Saibumi.com himpun Anda rasakan setelah menjalani keseluruhan prosedur scaling gigi, di antaranya:

  • Menghindari risiko gigi berlubang (karies) dan kerusakan gigi lainnya
  • Menghindari risiko penyakit gusi (periodontitis)
  • Menghilangkan noda gigi–bercak cokelat di gigi berasal dari teh, kopi, atau rokok
  • Menghindari bau mulut tidak sedap
  • Menghemat biaya perawatan gigi di masa mendatang

 

Bagi masyarakat Lampung yang ingin memeriksakan kesehatan gigi, bisa mengunjungi layanan poli gigi di Klinik Pratama Saibumi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 12, Kelurahan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung atau menghubungi nomor telepon (0721) 564- 2445 dan telepon seluler: 0811-7999-188.

Klinik Saibumi beroperasi Senin sampai dengan Sabtu pukul 08.00 - 20.30 WIB, untuk hari Minggu buka mulai pukul 08.30- 15.00 WIB

 

BACA JUGA: Ini Dia Penyebab dan Ciri Pengidap Alzheimer



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong