Logo Saibumi

Viral Video Santri Tutup Telinga Saat Ada Musik, Ustad Adi Hidayat: Islam Sangat Memuliakan Para Penghafal Al-Quran

Viral Video Santri Tutup Telinga Saat Ada Musik, Ustad Adi Hidayat: Islam Sangat Memuliakan Para Penghafal Al-Quran

Foto: Dok/Wikipedia

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Viral video santri yang menutup telinga saat mendengar musik lantaran mengantri vaksin. tentu banyak yang pro dan kontra akan hal ini, terlebih ketika mereka yang belum memahami keutamaan para penghafal Al-Quran.

 

BACA JUGA: Pagi Tadi, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Intan Jaya Papua.

Perlu diketahui, dalam video tersebut menurut pantauan Saibumi.com aktifitas santri tentu tidak merugikan orang lain, santri hanya menutup telinga diri mereka sendiri, bahkan mereka tak meminta untuk mematikan alunan musik yang dinyalakan, tentu ini adab mereka hanya berusaha menjaga dan hanya tak ingin mendengar lantunan musik.

 

Banyak keutamaan menghafal Alquran yang disebutkan dalam beragam hadits Rasulullah SAW. Ustadz Adi Hidayat, menyampaikan beberapa di antaranya secara singkat yaitu para penghafal Alquran akan memberikan keberkahan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. 

 

Allah SWT juga akan mengangkat kehormatan orang tua dari anak-anaknya yang menghafal Alquran. Allah juga akan menjaga jasad para penghafal Alquran tetap utuh dalam kubur hingga hari kiamat tiba. 

 

Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan Allah SWT membuka seluruh pintu surga yang bagi para penghafal Alquran dan memanggil seluruh anggota keluarga para penghafal Alquran untuk berbondong- bondong masuk ke dalamnya. 

 

Akan tetapi, menurut Ustdaz Adi, tak semua para penghafal Alquran akan mendapatkan kemuliaan tersebut. Menurut Ustadz Adi, para penghafal Alquran terbagi menjadi tiga jenis di antaranya, yakni 

 

1.  penghafal Alquran yang zalim dalam perilakunya. Jenis penghafal Alquran jenis  ini mampu menghafal Alquran bahkan membacanya dengan benar sesuai dengan kaidah, tetapi perilakunya menyimpang dalam Alquran.

 

"Penghafal Alquran yang zalim ini menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Seperti ada orang yang hafal qulhuallahu ahad, dia hafal suratnya sempurna membacanya cuma sayang tidak digunakan dalam hidupnya, lisannya bisa mengucapkan semua agama itu sama," tutur Ustadz Adi. 

 

2. yakni para penghafal yang belum bisa mengamalkan Alquran yang dihafalnya untuk kemaslahatan umat. Dia sebatas menghafal dan mengambil manfaatnya bagi diri sendiri. 

 

3.  yakni orang yang mampu menghafal Alquran dan menyegerakan untuk melaksanakan setiap ayat yang dihafalnya dalam kehidupan sehari-hari. Inilah jenis penghafal Alquran yang sejatinya akan mendapatkan kemuliaan tersebut.

 

"Walaupun dia belum hafal 30 juz, tapi dengan cepat dia melaksanakan setiap yang telah dihafalnya dalam kehidupan," tutur dia. 

 

Ustadz Adi pun mengajak umat Islam untuk senantiasa mengistiqamahkan membaca Alquran, menghafalnya, menggali isinya dan mempraktikannya dalam ke hiduapn sehari-hari.   

BACA JUGA: Boalemo Sulut di Guncang Gempa Magnitudo 5,4



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong