Logo Saibumi

Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas 2Km Arah Barat Daya

Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas 2Km Arah Barat Daya

Foto: Ilustrasi/Pixaabay

Saibumi.com(SMSI), Yogyakarta - Hari ini Jum'at (27/8/21) pukul 09.01 WIB, Gunung Merapi yang terletak diperbatasan Jawa Tengah dan DIY kembali meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 2.000 meter ( 2 km) ke arah barat daya.

 

BACA JUGA: Diduga Menelantarkan Anak, Bayi 1,8 Bulan Ditemukan Tewas Dirumah Kosong

"Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 150 detik," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Jumat (27/8/21).

 

Pada periode pengamatan pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, guguran lava pijar juga tercatat 13 kali keluar dari Gunung Merapi ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter.

 

Gunung api aktif itu juga tercatat mengalami 83 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-23 mm selama 12-134 detik, 57 kali gempa hembusan dengan amplitudo 3-6 mm selama 9-43 detik.

 

Berikutnya, delapan kali gempa low frekuensi dengan amplitudo 3-6 mm selama 11-20 detik, serta tiga kali gempa fase banyak dengan amplitudo 10-24 mm selama 7-10 detik.

 

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

 

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

 

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

 

"Masyarakat tetap kami himbau untuk tidak beraktifitas di daerah KRB guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," pesan Hanik. (Tuti)

BACA JUGA: Bantu Seniman Dimasa Pandemi, Bandara YIA adakan Pameran dan Lelang Seni Kaligrafi



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong