Logo Saibumi

Pahami Efek Negatif Jika Balita Sering Diberi Minum Kopi

Pahami Efek Negatif Jika Balita Sering Diberi Minum Kopi

photo: Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung -  Kopi memang minuman yang lezat dengan banyak manfaat. Akan tetapi, manfaat tersebut lebih ditujukan pada orang dewasa. Balita, apalagi bayi yang berusia dua tahun, membutuhkan minuman yang lebih sesuai bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

 

BACA JUGA:

Lantas, apa berbahaya dan saja dampak yang mungkin terjadi bila balita sering minum kopi?

 

Meski tidak berbahaya, kebiasaan minum kopi dapat menimbulkan dampak sebagai berikut:

 

Menyebabkan kecanduan

Kopi mengandung kafein, dan kafein adalah stimulan. Kafein juga bersifat adiktif atau dapat memicu kecanduan. Jika balita sering minum kopi, ia lebih berisiko mengalami kecanduan ketika usianya bertambah nanti. Gejala kecanduan kafein antara lain sakit kepala, lesu, cemas, mudah marah, serta sulit berkonsentrasi.

 

Membuat anak menjadi hiperaktif dan susah tidur

Kafein memang membuat tubuh Anda lebih aktif dan berenergi. Namun, jika dikonsumsi oleh balita, kafein dapat menyebabkan berbagai efek samping. Di antaranya perilaku hiperaktif, susah tidur, perubahan nafsu makan dan mood secara drastis, serta cemas.

 

Meningkatkan risiko obesitas

Asupan gula berlebih adalah salah satu faktor penyebab obesitas. Pada penelitian yang sama, balita berusia 2 tahun yang sering minum kopi manis berisiko 3 kali lipat lebih besar mengalami obesitas ketika memasuki TK.

 

Memperparah masalah kesehatan 

Beberapa masalah kesehatan pada balita dapat bertambah parah bila ia terlalu sering minum kopi. Sebagai contoh, konsumsi kopi dapat meningkatkan detak jantung. Balita yang memiliki detak jantung tidak normal bisa saja mengalami gejala yang lebih parah.

Kafein juga tidak selalu meningkatkan mood. Pada beberapa orang, senyawa ini justru dapat memperburuk suasana hati. Bagi anak yang memiliki gangguan kecemasan, penurunan mood akibat konsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan kecemasan yang ia alami.

 

Jadi jangan terlalu sering memberi buah hati kita dengan kopi ya(*)

BACA JUGA:



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong