Logo Saibumi

Kisah Penggali Kubur, Berjibaku Makamkan Jenazah Covid-19

Kisah Penggali Kubur, Berjibaku Makamkan Jenazah Covid-19

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Banyak cerita datang dari penggali kubur terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Cerita salah satunya datang dari Mujianto (49), yang bahkan ia pernah memakamkan 5 jenazah covid-19 dalam satu hari.

 

BACA JUGA: Kerap Meresahkan Warga, Ular Sanca Sepanjang 3,6 Meter Berhasil Dievakuasi

Mujianto memulai pekerjaannya itu sejak tahun 1990 an, ia merupakan petugas penggali kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Jahe, Enggal, Kota Bandarlampung.

 

Dia mengatakan setiap hari paling tidak, ada 2 jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU ini. Terkadang apabila dihubungi secara mendadak, mau tidak mau ia pun harus siap, untuk memakamkan jenazah.

 

"Setiap hari itu seenggaknya ada lah 2 jenazah covid dimakamkan disini. Kita harus siap kalau-kalau ada telpon dari petugas rumah sakit," ungkapnya kepada saibumi.com, Senin, (2/8/2021).

 

Lebih lanjut ia mengatakan, sampai hari ini total warga  yang terpapa covid-19 dimakamkan di TPU kebon jahe berjumlah 38 makam.

 

"Kalo gak salah sampai hari ini itu udah 38 makam pasien corona dimakamkan disini," jelasnya.

 

Disinggung berapa banyak dalam satu hari pernah memakamkan pasien covid, "Pernah dalam satu hari itu 5 kita orang gali makam, kalo kita ini cuma tugasnya gali aja sih. Yang makaminnya itu biasanya dari rumah sakit, nih hari ini aja 1 makamin jenazah corona," tuturnya.

 

Saat ditanya apakah ada bantuan sosial untuk para penggali kubur, ia menuturkan, "Kita orang semangat karena merasa diperhatikan. Alhamdulillah ada lah bantuan sosial dari pemkot, kadang dari keluarga," kata Mujianto.

 

Ia pun berharap agar para masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, "Protokol kesehatan itu wajib, sedih tau kalo liat sendiri proses pemakaman corona ini, enggak bisa deket-deket, pokoknya teteplah jaga 5M," pungkasnya.(*)

BACA JUGA: Listrik Padam Disekitar Pahoman, Ini Dia Penyebabnya



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong