Logo Saibumi

Jenis-jenis Bohlam Lampu Motor, Jangan Salah Pilih!

Jenis-jenis Bohlam Lampu Motor, Jangan Salah Pilih!

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Lampu motor berperan penting dalam keselamatan berkendara, terutama di malam hari.


Letak dan fungsinya di motor kesayangan Anda pun berbeda-beda satu dengan lainnya. Misalnya, ada lampu depan alias headlamp, lampu sein, lampu rem, hingga lampu jauh. Bahkan, ada juga lampu pelat nomor dan lampu speedometer sebagai panel instrument.
Dengan masing-masing fungsi lampu pada motor tersebut, penting bagi Anda untuk memahani jenis lampu bohlam pada kendaraan kesayangan. Jadi kalau sewaktu-waktu harus membelinya, Anda tidak akan salah pilih.

BACA JUGA: Berita Duka Cita: Ibu Winarti Uni, Tutup Usia


5 tipe atau jenis bohlam lampu motor
Seperti disebutkan sebelumnya, motor dilengkapi dengan lampu depan, lampu sein, lampu jauh dan pelat nomor, serta lampu speedometer. Berikut ini spesifikasi dari setiap fungsi lampu tersebut.


1. Lampu depan
Lampu depan atau headlamp pada motor ini berfungsi memberikan penerangan utama. Headlamp biasanya memiliki soket tipe M4/H6 dengan 2 kaki untuk motor bebek maupun matic. Meski begitu, ada beberapa motor bebek atau matic dengan soket 3 kaki seperti motor sport. Sementara itu, headlamp motor sport menggunakan tipe soket HS1/H4/H7.


2. Lampu sein
Lampu sein tertelak di samping kiri dan kanan lampu utama serta lampu rem. Biasanya, lampu sein untuk motor bebek, matic, maupun sport memiliki soket tipe T10. Jenis yang satu ini juga dikenal sebagai model tancap. Namun, ada juga yang menggunakan soket bayonet kaki satu.


3. Lampu rem
Lampu rem ternyata juga berfungsi sebagai lampu senja yang menyala lebih terang ketika Anda menekan tuas rem. Untuk lampu rem, soket yang umum digunakan mempunyai tipe bayonet kaki dua atau S25. Meski demikian, beberapa motor yang memiliki lampu rem kombinasi biasanya memakai soket tipe T10.

 

4. Lampu jauh dan pelat nomor
Sebelum berkendara di malam hari, selalu pastikan lampu bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab, lampu jauh dan lampu motor memegang peran penting dalam sebagai penanda kendaraan ketika Anda berkendara di kegelapan. Untuk lampu ini, soket yang dipakai adalah model tancap T10. Tambah Irvan - Service Adisor AHASS TDM Honda Sidomulyo.(SB05)

BACA JUGA: Setelah Idul Adha, Pastikan 4 Asupan Nutrisi Ini Tercukupi



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong