Logo Saibumi

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Dengan Efek Proning

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Dengan Efek Proning

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Bagi pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri, mengecek kadar saturasi oksigen harus dilakukan secara berkala menggunakan alat puls oximeter.

 

BACA JUGA: Demi Selamatkan Pasien Covid-19, Arinal Percepat Hadirkan Alat Terapi Plasma Konvalesen, PMI Lampung segera Kampanyekan Donor Darah Plasma

 

Pengukuran tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi saturasi oksigen, sehingga apabila saturasi mulai menurun maka dapat segera melakukan tindakan.

 

 

Level saturasi oksigen antara 95-100 berarti masih dalam kondisi baik, untuk level 93-94 maka perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen, sedangkan untuk level saturasi oksigen kurang dari 92 perlu mendapatkan perawatan dokter di rumah sakit dan jika di kurang dari 80 maka perlu menggunakan ventilator.

 

 

Cara untuk meningkatkan saturasi oksigen bagi pasien isoman yaitu dengan menggunakan teknik proning. Namun, sebelumnya pasien isoman harus berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

 

 

Tips melakukan teknik proning menurut Kementerian Kesehatan yaitu:

 

1. Posisi pertama: berbaring di atas perut selama 30 menit. Gunakan alas dan bantal di bagian bawah leher, pinggul dan kaki.

 

2. Posisi kedua: berbaring ke sisi sebelah kanan selama 30 menit dan gunakan alas dan bantal di bagian bawah leher, pinggul dan dijepit diantara kaki.

 

3. Posisi ketiga: berbaring sambil duduk selama 30 menit. Gunakan penyangga bantal dengan posisi setengah duduk.

 

 

Apabila cara tersebut sudah dilakukan tetapi tidak mampu meningkatkan saturasi oksigen maka harus segera menghubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. (SB.06)

BACA JUGA: Kapolda Lampung Siapkan 3 Mobil Untuk Vaksinasi Keliling



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong