Logo Saibumi

Cara Mencegah Penularan Penyakit Dari Hewan Kurban

Cara Mencegah Penularan Penyakit Dari Hewan Kurban

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Menjelang Idul Adha, masyarakat diminta waspada dengan kemungkinan adanya infeksi menular dari hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing dan sebagainya.

 

BACA JUGA: Pasar Ramai, Arus Lalu Lintas Sekitaran Pasar Way Kandis Macet 

 

Idul Adha identik dengan adanya pemotongan hewan ternak yang dijadikan kurban. Namun, sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban, sebaiknya memastikan bahwa hewan tersebut tidak mempunyai penyakit yang dapat menularkannya kepada manusia.

 

 

Berdasarkan himbauan dari Ditjen PKH, hal yang harus diperhatikan untuk mencegah penularan penyakit dari hewan kurban ke manusia yaitu:

 

1. Melakukan pemeriksaan hewan secara medis sebelum dan sesudah pemotongan.

 

2. Selektif dalam memilih hewan kurban dan melakukan pemotongan sesuai anjuran pemerintah dan mengikuti protokol kesehatan.

 

3. Tidak membiarkan hewan kurban hingga mengalami stres sebelum penyembelihan yang dapat memicu datangnya penyakit.

 

4. Memisahkan antara daging dan jeroan dalam wadah steril serta hindari penggunaan kantong plastik sebagai wadah. (SB.06)

BACA JUGA: Jeritan Hati Pedagang Kulit Ketupat di Masa PPKM Darurat 



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong