Logo Saibumi

Waspada !! Varian Baru Covid-19 Delta

Waspada !! Varian Baru Covid-19 Delta

Ciri Covid varian Delta

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja ciri Covid-19 varian Delta. Virus ini kini jadi varian baru yang telah menyebar di sejumlah kota di Indonesia. Diketahui varian baru ini sudah memasuki DKI Jakarta, Kudus, hingga Bangkalan.

Covid varian Delta ditemukan di India untuk pertama kali. Ahli Epidemiologi asal Inggris melakukan penelitian soal varian baru tersebut dan menyebutnya sebagai varian B1617.2.

BACA JUGA: Posko Penyekatan Arus Balik dilokasi Jalan Raya Tarahan.

Selain perlu mengetahui ciri Covid varian Delta, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan terkait penularan varian asal India ini. Disebutkan varian Delta disebut 60 persen lebih mudah menular dibandingkan varian Alpha yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Satu ruangan saja dengan orang yang terjangkit Covid-19 Delta maka akan lebih cepat berpindah dan menggandakan diri dengan kurun waktu 4,5-11,5 Hari. Virus ini tergolong sangat berbahaya karena sudah tersebar di 60 Negara.

Salah satu contoh penularan tersebut sudah terjadi di Kudus. Disebutkan bahwa ledakan COVID-19 dipengaruhi oleh varian Corona India B1617.2 atau varian delta, yang dibawa oleh para pekerja migran Indonesia yang pulang dan juga beraktivitas di kawasan pelabuhan laut.

Gejala yang lebih parah dirasakan Covid-19 Delta seperti nyeri ulu hati, gangguan lambung, resiko hilangnya fungsi pendengaran, hingga pembekuan darah yang menyebabkan gangren.

Budi mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dan memperhatikan ciri COVID varian Delta.

"Karena ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan ini perlu benar-benar kedua hal tadi dipercepat atau diperhatikan, implementasi di lapangan dan juga akselerasi vaksinasi," ujar Budi.

Jangan menunda untuk memeriksakan diri, karena bisa saja apa yang kamu alami memerlukan penanganan segera dari ahlinya. Bagi masyarakat Lampung yang ingin melaksanakan rapid test Covid-19 bisa mengunjungi Klinik Pratama Saibumi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 12, Kelurahan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung atau menghubungi nomor telepon (0721) 564- 2445 dan telepon seluler: 0811-7999-188.

Klinik Saibumi beroperasi Senin sampai dengan Sabtu pukul 08.00 - 20.30 WIB, untuk hari Minggu buka mulai pukul 08.30- 15.00 WIB

 

BACA JUGA: Korban Hanyut di Drainase Pasar Tugu Ditemukan Dlm Keadaan Meninggal Dunia



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong