Logo Saibumi

Begini Cara Bersihkan Filter Udara Motor, Ternyata Mudah!

Begini Cara Bersihkan Filter Udara Motor, Ternyata Mudah!

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Bingung cara isi kegiatan waktu kosong? Tenang, Anda ga akan mati gaya. Cobalah periksa filter udara motor kesayangan Anda. Pastikan kondisinya tetap bersih dan tidak tersumbat kotoran.


Soalnya, kotoran yang ada di filter udara bisa menurunkan aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Kemungkinan lainnya, udara masuk ke ruang bakar, dengan bercampur kotoran.

BACA JUGA: Apakah Cakram Motor Yang Penyok Bisa Diperbaiki? Berikut Info dari Ahass Astra Motor Natar

 

Oleh karena itu, filter udara ini perlu dicek secara rutin. Sebab ketika filter udara motor kotor, Anda akan merasakan motor menjadi ‘ngeden’ alias performanya berubah berat. Nah, itu akibat pembakaran yang tidak sempurna, karena kotornya filter udara.

 

Cek filter udara motor, di sini posisinya
Anda mungkin masih bingung untuk menemukan posisi filter udara pada motor.


Posisinya memang belum tentu sama, antara satu motor dengan motor lainnya. Berikut ini letak filter udara pada motor.


• Motor bebek atau motor sport:
Pada motor bebek maupun motor sport, Anda bisa menemukan filter udara di bawah jok.

 

• Motor matic keluaran anyar:

Apabila motor Anda jenis matic keluaran baru, coba periksa bagian atas CVT. Biasanya, filter udara ada di sana, sehingga memudahkan ketika ingin mengecek maupun menggantinya.

 

Setelah menemukannya, Anda bisa membuka boks filter udara ini dengan obeng +. Biasanya, boks filter ini hanya terikat oleh baut.


Cara membersihkan filter udara motor
Ketika boks filter udara sudah terbuka, kini Anda bisa mulai membersihkannya. Caranya pun cukup gampang, seperti berikut ini.

 

• Apabila motor Anda masih memakai filter udara standar, bersihkanlah dengan mengetok-ketokkannya. Dengan cara mudah ini, kotoran yang menyumbat pun bisa keluar dari sana.

 

• Jika masih kotor juga, Anda bisa membersihkannya menggunakan semprotan angin. Namun hati-hati, jangan terlalu kencang. Soalnya kalau terlalu kencang, filter udara nanti malah bisa bengkok.


Namun, filter udara pun bisa menjadi bengkok karena penyebab lain, lho. Misalnya akibat sudah terlalu lama dipakai. Dalam kondisi ini, fungsinya untuk menyaring udara pun jadi tidak maksimal. Jadi, gantilah filter udara motor setiap 10.000-16.000 kilometer pemakaiannya.

 

Jangan sampai membiarkan filter udara motor terlalu lama. Apabila filter kotor, maka bukan mustahil mesin motor pun akan ngelitik, karena adanya endapan karbon di dalam ruang bakar. Tambah Irvan - Service Advisor TDM Sidomulyo.(SB05)

BACA JUGA: TDM Honda Sidomulyo berbagi info: Apa Tandanya Penguapan Oli Pada Mesin Motor?



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong