Logo Saibumi

Akhirnya, Kempo Resmi Jadi Cabor yang Dipertandingkan dalam POPDA XIII Jabar 2020

Akhirnya, Kempo Resmi Jadi Cabor yang Dipertandingkan dalam POPDA XIII Jabar 2020

Foto: perkemi.org

Saibumi.com (SMSI), Bandung - Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia akhirnya secara resmi menjadi salah satu Cabang Olahraga yang di pertandingkan secara resmi pada pagelaran Pekan Olahraga Daerah/POPDA Jabar XIII 2020 pada tanggal 24 - 31 Agustus 2020 di Kota Bandung.

Hal ini dikuatkan dengan Surat dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Nomor: 426/313/sekre tanggal 12 Februari 2020.

Pekan Olahraga Daerah/POPDA Provinsi Jawa Barat sendiri akan mempertandingkan 24 Cabang Olahraga termasuk Kempo.

"Di tengah isu terpecahnya organisasi akhirnya kami dapat meyakinkan Dispora agar Cabor Kempo dapat di akomodir dan di pertandingkan di ajang Pelajar ini. Mudah mudahan dengan masuknya Kempo di POPDA Jabar akan mendorong daerah lain agar Kempo juga dapat masuk ke POPDA sehingga pada tahun 2022 Kempo bisa di pertandingkan pada POPNAS mendatang," ujar Catur Sujatmiko, Ketua Perkemi Jawa Barat seperti dimuat dalam perkemi.org.

Perbedaan POPDA, O2SN dan LKS di Kalangan Olahraga Prestasi tingkat Pelajar.

Di lingkungan pendidikan kita mengenal ajang-ajang olahraga yang diselenggarakan baik oleh Dinas Pendidikan maupun Dinas Pemuda Olahraga untuk mewadahi anak-anak berprestasi di lingkungan pelajar dan sekolah.

1. PEKAN OLAHRAGA DAERAH/POPDA merupakan ajang tertinggi di Daerah khusus untuk pelajar dari semua jenjang Pendidikan

POPDA merupakan ajang pembuktian prestasi pelajar di daerah, ruang lingkupnya lebih luas karena melibatkan atlet atlet terbaik dari berbagai Cabang Olahraga dan di ikuti oleh semua siswa baik dari Pendidikan umum maupun siswa di PPLP/PPLPD tentunya lebih meraih prestasi di ajang ini karena atlet atlet pelajar terbaik ikut berlomba di ajang ini.

Peserta dari POPDA adalah pelajar baik SMP/MI, SMA/K/MA maupun sekolah sederajat yang di batasi usia pada kategori pelajar. Sehingga tentu akan lebih sulit mendapatkan prestasi juara karena semua atlet pelajar terbaik.

Namun sampai saat ini POPDA/POPNAS kurang di kenal di lingkungan Sekolah karena kalah gengsi dari O2SN atau LKS.

2. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional/O2SN

 O2SN merupakan ajang lomba Kategori Olahraga yang hanya di ikuti oleh Sekolah di Dinas Pendidikan, peserta di batasi pada kategori, SD, SMP dan SMA tentu persaingan tidak seketat di bandingkan dengan POPDA /POPNAS.

Namun ajang ini lebih di kenal di sekolah karena penyelenggaranya adalah Dinas Pendidikan setempat sehingga gaungnya di sekolah lebih terdengar di bandingkan POPDA.

3. LKS Olahraga

Lomba Kompetensi Siswa Bidang Olahraga hanya di ikuti oleh pelajar pelajar SMK baik negeri maupun swasta. Ini juga gaungnya lebih terdengar di sekolah khususnya SMK karena yang menyelenggarakan adalah K3S /Kelompok Kerja Kepala Sekolah SMK sehingga sekolah mendukung penuh untuk kegiatan ini.

Tentunya ini menjadi PR buat kita semua terutama senpai/sensei yang berkiprah di dunia Pendidikan seperti kata Founding Father PERKEMI Sensei Indra Kartasasmita, agar di viralkan seluruh penjuru tanah air agar masyarakat dan lingkungan sekolah lebih mengenal Kempo dan POPDA/POPNAS.

POPDA Jabar Cabor Kempo mempertandingkan 12 Nomor Pertandingan

Cabor Kempo di POPDA Jabar XIII tahun 2020 ini di berikan kesempatan untuk mempertandingkan 12 nomor, mudah mudahan pada POPDA mendatang akan bisa ditambah lagi lagi nomor nomor yang lainnya.

I. KELOMPOK PUTRA
1 Randori kelas 50 kg
2 Randori kelas 53 kg
3 Randori kelas 56 kg
4 Embu Pasangan Putra s.d Kyu II
5 Embu Pasangan Putra Kyu I

II. KELOMPOK PUTRI
6 Randori kelas 45 kg
7 Randori kelas 48 kg
8 Randori kelas 51 kg
9 Embu Pasangan PutrI s.d Kyu II
10 Embu Pasangan PutrI Kyu I

III. KELOMPOK CAMPURAN
11 Embu pasangan Kyu Kenshi

IV. KELOMPOK BEREGU
12 Embu Beregu

"Mudah-mudahan sedikit tulisan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan buat kita semua dan semoga daerah daerah lain segera dapat mengikuti agar POPNAS Cabor Shorinji Kempo segera dapat di pertandingkan," tutup Catur. (Red)

BACA JUGA: Tahun Ini Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Jetski

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA