Logo Saibumi

Terkendala Biaya, Bocah 11 Tahun Lumpuh Akibat Diabates

Terkendala Biaya, Bocah 11 Tahun Lumpuh Akibat Diabates

AKRAP memberikan bantuan kepada Parni dan Okta

Saibumi (SMSI) Lampung Timur – Okta Ria, hanya bisa terbaring tak berdaya. Bocah perempuan berusia 11 tahun ini terlihat sangat kurus untuk anak seusianya. Penyakit diabetes yang dideritanya menggeroti tubuhnya yang terkulai lemas di selapis kasur lantai.

Warga Desa Sumurbandung, Kecamatan Wayjepara, Lampung Timur (Lamtim) ini hanya terkulai tak berdaya, sesekali matanya menatap tamu yang hadir untuk menengok keadaanya. Terkadang terdengar rengekan dari mulutnya yang mengeluhka rasa sakit yang ia rasa. Ujung kakinya terlihat sedikit membusuk.

BACA JUGA: Stok Masker Langka, Pemprov Ajak Polisi Sidak

"Sudah empat bulan cucu saya sakit, dan sudah kami upayakan terus berobat," kata Parni, Nenek dari Okta, Kamis 20 Februari 2020.

Parni mengaku cucunya ini sudah bersamanya setelah ayah dan ibunya bercerai. Karena pekerjaan sebagai buruh serabutan, Parni terpaksa menghentikan proses pengobatan cucunya.

"Sebenarnya punya KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang bisa untuk berobat gratis, namun yang berat adalah biaya makan, transportasi, dan keperluan yang mendadak saat di rumah sakit," ujarnya.

Diabetes itu juga membuat kedua kaki Okta tidak bisa lagi digerakkan. Karena kondisi itu, Okta terpaksa berhenti dari sekolahnya.

“Kalau bisa sembuh nanti maunya bisa sekolah di pondok pesantren,” ucap Okta lirih.

Beban yang dipikul Parni dan Okta menjadi lebih ringan karena kedatangan Yayasan Advokasi Kelompok Rentan Anak dan Perempuan (AKRAP) Lampung. AKRAP datang memberikan bantuan dana melunasi utang sewa mobil tersebut dan keperluan membeli obat.

Bantuan uang itu diberikan langsung oleh Ketua AKRAP Lampun, Edi Arsadad kepada Okta.

"Kami akan membantu memfasilitasi agar Okta segera bisa dirujuk di rumah sakit di Jakarta," kata dia.

Laporan Reporter Saibumi.com Nurman Agung

BACA JUGA: 3 WNI di Kapal Diamond Princess Jepang Positif Virus Corona

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA