Logo Saibumi

Lestarikan Budaya Indonesia, Pemkot Gelar Festival Dalang Wayang Kulit

Lestarikan Budaya Indonesia, Pemkot Gelar Festival Dalang Wayang Kulit

Walikota Bandar Lampung, Herman HN saat membuka Festival Dalang Wayang Kulit se-Provinsi Lampung, di Bundaran Tugu Adipura, Rabu 19 Februari 2020, malam. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Wayang bukan hanya warisan budaya Indonesia melainkan sudah mendunia. Pertunjukan seni ini penting dilestarikan untuk memupuk darah seni di kalangan masyarakat dan mengenalkan tradisi serta budaya Indonesia sejak dini.

Hal tersebut disampaikan Walikota Bandar Lampung, Herman HN saat membuka Festival Dalang Wayang Kulit se-Provinsi Lampung, di Bundaran Tugu Adipura, Rabu 19 Februari 2020, malam.

Menurut Herman HN, Festival Dalang Wayang Kulit ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Seni pertunjukan asli Indonesia yang populer di Pulau Jawa dan Bali itu, sengaja dilaksanakan di Kota Tapis Berseri untuk melestarikan kebudayaan.

"Supaya budaya kita lebih membudaya, baik di Lampung maupun di kancah nasional. Di mana agenda Festival Dalang Wayang Kulit yang digelar Pemerintah Kota ini juga pernah mendapatkan rekor MURI, pada 2017 silam," kata Herman HN.

Meski, Festival Dalang Wayang Kulit se-Provinsi Lampung 2020 ini pesertanya tidak sebanyak tahun sebelumnya. Namun antusiasnya masih terbilang banyak. Kegaiatan ini akan dijadwalkan selama 4 hari 4 malam.

"Namun tahun ini agak berkurang (pesertanya), tapi tidak masalah, karena yang terpenting adalah bagaimana budaya yang ada di Lampung terus dilestarikan. Karena di Bandar Lampung sendiri terdiri dari beragam suku," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pula lomba membatik oleh peserta yang berasal dari kalangan seniman, pertunjukan kuda kepang, dan campur sari. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Herman HN Janji Beri Upah Rp1 Juta Lebih untuk Penyuluh Agama Islam di Kecamatan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong