Logo Saibumi

Buat KTP-el Sekarang Lebih Cepat, Tiga Hari Langsung Jadi

Buat KTP-el Sekarang Lebih Cepat, Tiga Hari Langsung Jadi

Walikota Bandar Lampung, Herman HN. | Foto: Dok. Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Sejak disuplay 10.000 keping blanko beberapa waktu lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung sudah mampu mencetak KTP-el hanya dalam waktu 3 hari.

"Sudah selama tiga minggu ini Diskucapil telah melaksanakan, mulai dari rekam sampai cetak KTP pelaksanan hanya 3 hari," kata Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung Ahmad Zainudin, Selasa 18 Februari 2020.

Kedepannya, kata Zainudin, ketika Dirjen Disdukcapil sudah menggelontorkan 100.000 keping blanko, Disdukcapil akan mampu mencetak KTP hanya dalam waktu 1 hari.

"Bulan April nanti, akan bisa sehari jadi. Pagi datang rekam, sorenya langsung jadi. Ini akan bisa terpenuhi sampai dengan Desember 2020," terangnya.

Diberitahukannya, jika saat ini Disdukcapil tengah lembur untuk memenuhi Print Ready Record (PRR), yang sudah lama belum tercetak.

"Kita ada tiga shift pencetakan. Pertama, kita kerjakan pencetakan KTP elektronik yang sudah PRR dan dibagikan secara langsung kerumah warga. Kedua, KTP yang masih tertinggal. Ketiga, kita cetak KTP kepada warga yang baru merekam," paparnya.

Zainudin mengimbau, agar warga yang sudah berusia 17 tahun namun belum memiliki KTP-el bisa langsung datang ke kecamatan terdekat untuk melakukan perekaman. Atau bisa juga langsung ke Mal Pelayanan Terpadu Satu Atap.

"Alhamdulillah mohon dukungannya, Pemerintah Kota Bandar Lampung telah memfasilitasi alat rekam KTP di 20 kecamatan dan dana hibah untuk blanko KTP-el yang sudah dianggarkan untuk 100 ribu keping blanko agar semua terlayani," jelasnya.

Ia menambahkan, mengenai KTP yang sudah tercetak namun ada kesalahan bisa langsung melakukan proses ke Mal Pelayanan Terpadu Satu Atap di Sekretariat Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"KTP yang sudah tercetak tidak mungkin ada yang salah, karena ini sudah diajukan datanya melalui KK. Jika ada yang salah silahkan yang bersangkutan kembali, dengan fakta dan data yang ada," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Flyover Komarudin - Abdul Haq Hampir Selesai, Pertengahan Maret Diresmikan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong