Logo Saibumi

Info Sehat dr. Saibumi : Pasien Serangan Jantung Bisa Dapatkan Pertolongan Pertama

Info Sehat dr. Saibumi : Pasien Serangan Jantung Bisa Dapatkan Pertolongan Pertama

dr. Yuni Kartini. (Foto Angga Saibumi.com)

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung – Serangan jantung memang selalu datang tanpa mengenal siapa, dimana, dan kapan terjadinya. Penyakit ini dengan cepat akan menyiksa korbannya hingga berakibat fatal yang berujung kematian. Lalu bagaimana penanganan bagi penderita serangan jantung?

Dokter Umum Klinik Utama Saibumi.com, dr. Yuni Kartini, mengatakan penderita serangan jantung harus segera mendapatkan penanganan dari tim medis. Pasalnya, serangan jantung menyebabkan melambatkan pompa jantung yang membawa oksigen dari darah menuju otak yang bisa berakibat fatal.

BACA JUGA: Dinas Perdagangan Fokus Tingkatkan Kualitas Produk UMKM untuk Bersaing di Marketplace

“Segera dibawa ke rumah sakit  agar bisa mendapatkan oksigen dan diberikan obat yang tepat, jangan sampai oksigen yang dibawa darah tidak sampai ke otak. Banyak sekali orang yang berusaha memukul-mukul pasien saat terkena serangan jantung, padahal itu tidak boleh dan sangat berbahaya bagi pasien,” kata dr. Yuni, Selasa 18 Februari 2020.

Ia menuturkan, pertolongan pertama lainnya yakni dengan segera melakukan resusitasi jantung paru (RJP) kepada pasien yang tidak sadar atau tidak merespon. Hal ini untuk memicu jantung memompa darah.

“Jadi bisa dilakukan pertolongan pertama dengan dua orang, satu orang melakukan RJP dengan kedalaman tekanan  4-5 sentimeter dengan kecepatan lima siklus dalam 30 hitungan. Sedangkan satu orang lagi bisa memberikan nafas bantuan,” terang dokter muda ini.

Laporan Reporter Saibumi.com El Shintav

BACA JUGA: Info Sehat dr. Saibumi : Ini Ciri-ciri Serangan Jantung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA