Logo Saibumi

Dinas Perdagangan Fokus Tingkatkan Kualitas Produk UMKM untuk Bersaing di Marketplace

Dinas Perdagangan Fokus Tingkatkan Kualitas Produk UMKM untuk Bersaing di Marketplace

Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, Adiyansyah. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung terus mendorong peningkatkan kualitas produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa bersaing di marketplace.

Kepala Dinas Perdagangan, Adiyansah menjelaskan, perlu peningkatan standar kualitas agar produk UMKM mampu bersaing dengan produk negara lain, khususnya dalam memperluas pasar dan pengemasan produk.

"Kerjasama dengan UMKM sudah berjalan selama ini, dari segi pengemasan kita pacu mereka. Dan kita bina mereka agar penjualan enggak hanya dilakukan sendiri, tapi lewat marketplace," jelas Adiyansah, Selasa 18 Februari 2020.

Untuk mendorong hal itu, Dinas Perdagangan menyarankan pada pelaku UMKM untuk berdagang di pasar modern dan melengkapi beberapa kriteria misalnya, PIRT dan lebel halal dari MUI.

"Saat ini pengurusan PIRT gratis, dan lebel halal di MUI juga enggak terlalu besar, yang penting mereka hadir langsung enggak melalui calo," jelasnya.

Disampaikan Adiyansyah, saat ini di daerah masih sebagian mengunakan produk dari luar. Untuk itu pihaknya akan lebih ketat lagi membina tumbuh kembang UMKM lokal, agar produknya lebih banyak digunakan masyarakat.

"Kita enggak bisa membatasi itu, karena memang sistem dagang. Tapi kita bisa memproteksi diri kita, dengan hanya mengunakan minimal lebih banyak mengunakan produk dalam negeri kita, agar perekonomian kita kuat dan UKM kita berkembang dan tumbuh UKM baru," jelasnya.

Adiyansah mengutarakan, pemerintah berharap Kota Bandar Lampung dapat berjuang untuk mengalakan trafik pengunaan produk luar. Dengan begitu, dirinya fokus mengembangkan UMKM dengan meningkatkan kualitas sehingga bisa bersaing.

"Selain itu, melalui sosialisasi tentang penggunaan produk dalam negeri, khususnya kepada generasi milenial," ungkapnya.

Dengan tujuan, bagaimana para generasi muda bisa mencintai dan bangga mengunakan produk dalam negeri. Ia berharap anak muda dapat mempromosikan secara estafet, agar ke depan dapat lebih menghargai produk lokal.

"Dengan kita mencintai, kita akan mengonsumsi produk kita sendiri. Itu akan tumbuh berkembang UMKM kita dan produk kita, sehingga angka ekonomi kita terus berjalan dengan baik,"pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Lantik KNPI, Herman HN Minta Pemuda Kawal Pembangunan Daerah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong