Logo Saibumi

Herman HN: Penggunaan e-KTP Minimalisir Kecurangan Pemilu

Herman HN: Penggunaan e-KTP Minimalisir Kecurangan Pemilu

Walikota Bandar Lampung, Herman HN. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Walikota Bandar Lampung Herman HN berharap ke depan, masyarakat bisa menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) hanya dengan e-KTP.

Menurutnya, penggunaan e-KTP mampu meminimalisir kecurangan dan mempermudah pelaksanaan Pilkada 2020.

Dengan begitu, Walikota berencana untuk bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI agar pihak penyelengara pemilu mempertimbangkan untuk menghapuskan formulir C6.

"Ke depan saya ingin masyarakat yang milih enggak usah pake C6 lagi, Pakai KTP semua. C6 ini saran saya kepada KPU, supaya enggak ada C6. Jadi nanti warga datang ke TPS langsung bawa KTP atas nama yang tertera," kata Herman HN usai menghadiri pelantikan pengurus dan dialog kebangsaan DPD KNPI Kota Bandar Lampung 2019-2022.

Herman HN mengatakan, kerap kali terjadi kecurangan dengan memanfaatkan formulir C6. Sebab di dalam data C6 tidak terdapat foto dan nama jelas, sehingga mudah disalahgunakan.

"Agar tidak ada kecurangan, kita menegakan demokrasi. Jadi jangan formulir namanya A, tapi yang nyoblos B, permainan ini harus dihindari. Kalau KTP langsung ini mau orang dari luar kabupaten mau curang enggak bisa sembarangan, khusus dari Kota Bandar Lampung aja," jelasnya.

Dengan ada program itu, lanjutnya, akan lebih objektif. Sehingga ia berencana akan menemui KPU provinsi dan melanjutkan juga ke KPU pusat, untuk memberikan masukan terkait penghapusan C6.

"Saya mau ketemu KPU pusat, mau jelaskan siapa yang punya KTP datang ke TPS langsung nyoblos. Ini objektif, dan yang menjadi perhatian provinsi. Jika ini dilakukan, demokrasi kita mendekati aman," unkapnya.

Terlebih, Herman HN juga meminta para pemuda turut berperan aktif dalam Pilkada, khususnya ikut menolak adanya permainan politik uang yang telah diatur undang-ndang.

"Semoga bisa menjadi perhatian pemuda. Kita kompak memerangi, jangan ada yang main uang. Agar Kota Bandar Lampung ini menghasilkan pemimpin yanga baik," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Soal Tikus di Boks Pendingin, Pengelola Mal Diminta Lebih Ketat Jaga Kebersihan dan Keamanan Pangan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong