Logo Saibumi

Progres Sensus Online Bandar Lampung Paling Tinggi se-Provinsi

Progres Sensus Online Bandar Lampung Paling Tinggi se-Provinsi

Kepala BPS Kota Bandar Lampung, Akhmad Nasrudin. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Sampai dengan hari ini, jumlah penduduk Kota Bandar Lampung yang mengunggah data sensus penduduk secara online baru sekitar 650 kartu keluarga (KK). Meski begitu, jumlah tersebut terbilang tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung.

"Kalau persentasenya belum tahu, tapi yang jelas untuk Bandar Lampung terhitung tadi malan jam 00.00 WIB itu sudah 650 yang mengisi KK. Bandar Lampung ini tertinggi untuk di Lampung," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bandar Lampung Akhmad Nasrudin, di Aula Semergou Pemerintah Kota Bandar Lampung, Senin 17 Februari 2020.

BPS terus meningkatkan Sosialisai Sensus Penduduk Online Tahun 2020. Kali ini kepada para asisten, staf ahli, kepala OPD, camat dan lurah. Agar persentase jumlah masyarakat yang mengupload data penduduk melalui online terus meningkat.

"Ini program mengisi online secara bersama-sama, dan ini progresnya baru bisa kita lihat besok. Sebab BPS mengupdate setiap jam 00.00 WIB," ungkapnya.

Dalam melakukan sosialisai pendataan sensus penduduk 2020, pihak BPS mengaku tidak memiliki kendala dari segi teknis. Namun masih meragukan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi.

"Bagaiamana menggugah kesadaran  masyarakat mau mengisi itu paling susah. Padahal kalau ngisi sendiri lewat online hanya 4 menit, jawaban sudah ada tinggal klik aja. Ganguan teknis selama ini juga belum ada," ucap dia.

Nasrudin berpesan, warga yang akan mengisi data diri untuk sensus penduduk melalui online agar teliti, jangan sampai ada yang terlewat.

"Kalau belum lengkap jangan dikirim dulu, karena ketika sudah terunggah anda tidak bisa memperbaikinya. Jadi sebelum dikirim diyakninkan jika jawaban sudah benar," jelasnya.

Meski telah dilaksanakan sensus online, Juli 2020 tim Sensus Penduduk akan mendatangi rumah warga untuk melakukan wawancara secara offline.

"Juli kita akan wawancara, nanti didata ketahuan jika belum lengkap nanti dilengkapi saat wawancara. Yang belum bisa mengisi online juga kita datangi dari rumah ke rumah," bebernya.

Ia mengimbau agar masyarakat menyadari pentingnya data pendudukan. Sebab data tersebut menentukan segala macam program pemerintah untuk penduduk di wilayahnya.

"Kita mengimbau penduduk untuk berperan aktif mengisi sensus penduduk online ini. Ini baru pertama kali dalam sejarah kita mengunakan sensus penduduk secara online," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

 

BACA JUGA: Pemkot Bandar Lampung Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong