Logo Saibumi

Soal Tikus di Boks Pendingin, Pengelola Mal Diminta Lebih Ketat Jaga Kebersihan dan Keamanan Pangan

Soal Tikus di Boks Pendingin, Pengelola Mal Diminta Lebih Ketat Jaga Kebersihan dan Keamanan Pangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, Kadek Sumarta. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Usai kasus penemuan tikus yang berkeliaran di Supermarket Chandra Tanjungkarang, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung memanggil manajemen mal yang berada di Jalan Pemuda No.1 Bandar Lampung.

Pada pemanggilan itu, Dinas Ketahanan Pangan melakukan konfirmasi kepada manajemen Chandra terkait ditemukannya tikus dalam boks pendingin daging olahan. Meski sempat disegel, kasus ini telah ditangani.

"Sudah ketemu dengan pihak ketiga dan managemen Chandra, dan apa yang disarankan kita udah dilakukan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, Kadek Sumarta, Senin 7 Februari 2020.

Kadek mengaku, usai sidak dan menemukan adanya tikus di lokasi tersebut, Dinas Ketahanan Pangan sempat menyegel boks pendingin tersebut.

"Sanksinya sebelum dilakukan pembenahan, dan dimusnahkan hamanya, enggak boleh dibuka dulu boks pendingin itu," ungkapnya.

Meski dikelola pihak ketiga, dalam hal ini Chandra dinilai sebagai pihak yang harus bertangungjawab terkait kebersihan dan keamaan.

"Kita enggak tau soal teknisnya, siapa yang melakukan pekerjaan pembersihan hama. Ini tetap harus tangung jawab chandra, untuk menjaga keamanan, melakukan pembersihan dan menjaga tatakelola yang baik," paparnya.

Dengan adanya kejadian ini, pihaknya akan kembali menjadwalkan inspeksi mendadak ke beberapa swalayan untuk mengecek kondisi kebersihan pangan.

"Seluruh Chandra termasuk mal lain yang ada di Bandar Lampung akan kita lakukan pemeriksaan juga. Jangan sampai terulang lagi, kita akan sidak demi keamanan konsumen dan masyarakat Bandar Lampung, menjamin memakan makanan yang higienis," ucapnya.

Jangan sampai, tambah Kadek, masyarakat memakan makanan tidak layak konsumsi .

"Jika ke depannya memang ada yang lalai, kita akan berikan sanksi, bentuknya rekomendasi, ke perijinan untuk pencabutan izin, itu urusan perijinan," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Klinik Utama Saibumi Buka Lowongan Asisten Apoteker, Segera Daftar di Sini!

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong