Logo Saibumi

Pemkot Bandar Lampung Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020

Pemkot Bandar Lampung Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020

Sosialiasai Sensus Penduduk Online Tahun 2020 di Aula Gedung Semergou, Senin 17 Februari 2020. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Pemkot Bandar Lampung menggelar Sosialiasai Sensus Penduduk Online Tahun 2020 kepada para asisten staf ahli, kepala OPD, camat dan lurah, di Aula Gedung Semergou, Senin 17 Februari 2020.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung A. Zainudin mengatakan, kegiatan ini digelar berdasarkan intruksi Walikota Bandar Lampung Herman HN, di mana para ASN secara bersama-sama diminta melaksanakan pengisian sensus penduduk secara online.

"Ini yang harus diteruskan sampai ke tingkat warga, di mana setiap RT itu minimal sosialisasi 50 orang warga. Ini hal baik bagi kita karena hasilnya nanti kita mendapat penduduk, baik secara the facto maupu the jure," kata Zainudin.

Zainudin menjelaskan, saat ini yang ada di capil secara administrasi data penduduk berdasarkan tempat tinggal dan terdaftar dalam server disdukcapil. Sedangkan yang dilakukan oleh BPS ini selain mengunakan data yang ada saat ini di akK atau e-KTP, juga diperbolehkan mendaftarkan angota keluarga yang ada di luar provinsi atau luar Kota Bandar Lampung.

"Misal anaknya sekolah di luar provinsi Lampung boleh diberi keterangannya. Atau sebaliknya anak ini orangtuanya di kampung, dia sekolah di Bandar Lampung bisa didata. Artinya pada saat pelaksana cek terakhir secara online sampai 31 Maret ini, akan diketahui jumlah penduduk Kota Bandar Lampung melalui online berapa persen," paparnya.

Diutarakannnya pula, Juli mendatang BPS juga akan menyeimbangkan anatara hasil online dan fakta di lapangan. Setelah mendapatkam data yang valid menjadi sumber kebijaksanaan pemerintah, untuk penentuan kebijakan infrastruktur, pendidikan, keshatan dan lainnya.

"Artinya berdasarkan Kepres No.62 dan No.39 tahun 2019, data penduduk hanya dikeluarkan oleh satu lembaga saja itu Disdukcapil maupun BPS, dan akan sama jumlahnya. Kalau Disukcapil dapat dipastikan menurut Undang-Undang No.24 Tahun 2013 Adminduk," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Gerakan Retorika Sampah, Satukan Puluhan Komunitas Peduli Lingkungan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong