Logo Saibumi

Info Sehat dr. Saibumi: Salah Menyikat Gigi Picu Beragam Penyakit Mulut, Begini yang Benar

Info Sehat dr. Saibumi: Salah Menyikat Gigi Picu Beragam Penyakit Mulut, Begini yang Benar

Ilustrasi teknik menyikat gigi yang benar.

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Menjaga kebersihan mulut merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan dan mencegah terjadinya beragam penyakit. Cara sederhana dan mudah dilakukan, yakni dengan menyikat gigi.

Anda mungkin sudah sering mendengar anjuran pentingnya menyikat gigi setiap hari, ini sangat perlu dilakukan untuk mencegah berbagai masalah gigi dan mulut. Kebiasaan ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Namun, jangan asal rajin menyikat gigi, anda harus memastikan cara menyikat gigi dengan benar. Teknik menyikat gigi yang salah, justru dapat memicu berbagai masalah gigi dan mulut.

Oleh karena itu, Dokter Gigi Klinik Utama Saibumi drg. Finnie Luthfia Suheri memberikan tips menyikat dan membersihkan gigi dengan benar, berikut caranya:

"Pertama, memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride adalah mineral yang berfungsi untuk melindungi dan memperkuat lapisan enamel gigi. Dan kedua, Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu halus, membantu menurunkan risiko luka atau iritasi pada gusi," jelas Finnie, Sabtu 15 Februari 2020.

Dijelaskan Finnie, teknik menyikat gigi diawali dengan mengenggam sikat gigi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Kemudian dimulai menyikat gigi geraham atas (gigi belakang di salah satu sisi mulut).

"Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Sikat dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah, selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang," ungkapnya.

Sementara, untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi.

"Dan untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi," jelasnya.

Menurut Finnie, sikat gigi yang baik dilakukan dua kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur. Terlalu sering menyikat gigi juga tidak baik.

"Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi. Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik juga. Justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi (email) terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif," pungkas Finnie. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Info Sehat dr. Saibumi: Jangan Terlambat, Cegah Karies Gigi Sekarang Juga

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong