Logo Saibumi

Tujuh Tahanan Rutan Polsek Natar Melarikan Diri, Tiga Berhasil Diamankan

Tujuh Tahanan Rutan Polsek Natar Melarikan Diri, Tiga Berhasil Diamankan

Tiga dari tujuh tahanan rutan Polsek Natar yang melarikan diri berhasil diamankan. Diantaranya, yakni MDP (29), AH (31) dan RD (25). | Foto: Humas Polda Lampung

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Tiga dari tujuh tahanan rutan Polsek Natar yang melarikan diri berhasil diamankan. Diantaranya, yakni MDP (29), AH (31) dan RD (25).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menceritakan kronologi kaburnya tahanan dari rutan Polsek Natar, terjadi pada hari ini Kamis, 13 Februari 2020, sekira pukul 02.00 WIB dini hari.

BACA JUGA: Anggaran Pembangunan Kecamatan Ketapang Naik 21,54 Persen, Plt Bupati Minta Tingkatkan Layanan Masyarakat

"Mereka memanfaatkan kondisi tadi malam yang turun hujan deras, sehingga meminimalisir suara gaduh saat para napi berupaya kabur dari jeratan hukum," kata Pandra, Kamis 13 Februari 2020.

Lebih lanjut diutarakannya, pada saat peristiwa tersebut anggota Personel Polsek Natar, Brigpol Ronald, sempat mendengar suara atap asbes yang jatuh di belakang ruang tahanan. Saat dilakukan pengecekan, para penghuni sudah tidak berada di sel.

"Mereka menjebol tembok, merusak asbes dan atas ruang tahanan," ungkapnya.

Kejadian itu, langsung dilaporkan Kapolsek Natar AKP Hendy Prabowo, yang pada saat kejadian sedang berada di Mako Polsek selesai melaksanakan kegiatan patroli bersama dengan anggota Reskrim Polsek Natar.

"Kemudian Kapolsek mengerahkan anggota untuk melakukan pengejaran, sehingga berhasil menangkap 3 orang tahanan," kata Pandra.

Sedangkan  empat orang tahanan lagi, antaralain SA (26) perkara 363 KUHPidana, PS (21) perkara 363 KUHPidana, MJ (26) perkara 378 dan atau pasal 372 KUHPidana dan DK (25) perkara 372 KUHPidana sampai saat ini masih dalam pengejaran.

"Berdasarkan keterangan para napi yang sudah tertangkap, upaya melarikan diri tersebut sudah direncanakan sebelumnya oleh MJ," tegasnya.

Diimbau kepada keempat tahanan Polsek Natar yang melarikan diri, untuk segera menyerahkan diri Kepada Petugas serta diharapkan kepada seluruh Warga Masyarakat yang mengetahui tentang keberadaan para tahanan tersebut agar segera melapor kepada Kepolisian terdekat.

"Apabila para tahanan tidak mau menyerahkan diri, pihak Kepolisian akan melakukan upaya paksa dan tidak segan-segan melakukan tindakan tegas dan terukur. Jika para tahanan melakukan perlawanan dan membahayakan keselamatan baik petugas maupun masyarakat," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Pemkab Lampung Selatan Dorong ASN Perbaiki Kinerja

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong