Logo Saibumi

Gelar Ujian Sertifikasi Penyelam Penolong Jenjang A3, POSSI Lampung: Kita Punya Potensi Penyelam Mumpuni

Gelar Ujian Sertifikasi Penyelam Penolong Jenjang A3, POSSI Lampung: Kita Punya Potensi Penyelam Mumpuni

Suasana Ujian Sertifikasi Penyelam Penolong Jenjang A3/3 Star Diver (Rescue) di Gedung Klinik Utama Saibumi, Jumat, 14 Februari 2020. | Foto: Putri Purnamasari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Bandar Lampung - Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Lampung menggelar ujian Sertifikasi Penyelam Penolong Jenjang A3/3 Star Diver (Rescue) di Gedung Klinik Utama Saibumi, Jumat, 14 Februari 2020.

Ujian tersebut diikuti enam peserta, diantaranya Pemimpin Utama Media Online Saibumi.com yang juga Direktur Utama Klinik Utama Saibumi Donny Irawan, mantan Direktur Ditpolairud Polda Lampung Kombes Pol. Usman HP, tiga anggota Ditpolairud dan satu peserta yang tergabung di Corona Diving Club Lampung.

Ketua POSSI Lampung, Sinek mengungkapkan, dalam olahraga selam terdapat empat jenjang, yaitu  A1 (Open Water Scuba Diving), A2 (Advance Scuba Diving), A3 (Rescue Scuba Diving)), dan A4 (Master Scuba Diving).

“Yang pertama A1 Scuba Diving, setelah jenjang itu kita banyak jam selamnya sudah sampai 35 lok kita bisa ikut jenjang A2 Scuba Diving atau bisa disebut Advanced. Itu ilmu teknik selam kedalamannya bertambah banyak sebab selam menyelam ini tekniknya banyak, pengetahuannya luas, kalau sekaligus gak mungkin bisa, harus berjenjang karena selam itu dibutuhkan jam selam,

“Selanjutnya jenjang A3, ada lagi nanti jenjang A4 itu daymaster namanya kalau sudah jenjang itu untuk umum sudah selesai itu, tinggal ikut nanti jenjang instruktur ke B1 mungkin di Lampung tahun depan lah adanya. Tahun ini mungkin kami adakan jenjang daymaster A4, tahun ini kita sudah adakan A3 baru pertama kali ini, tahun lalu dua kali, mungkin tahun ini di Bulan Juli kita mau adakan jenjang A4 tahun depan, beberapa teman kita sudah bisa jadi instruktur,” ujarnya.

Selain itu Ketua POSSI Lampung mengungkapkan bahwa Ujian Sertifikasi Penyelam Penolong Jenjang A3/3 Star Diver Rescue ini tidak hanya untuk anggota POSSI, namun dibuka untuk umum.

“Dari mana saja boleh ikut yang penting mereka sudah memiliki sertifikat A2, A2 itu mereka sudah pernah menyelam malam, pernah menyelam dalam, pernah menyalam di kapal karam, pernah menyelam di air keruh, pernah menyelam di jurang-jurang, jadi lima persyaratan ini sudah dikuasai dan jam selamnya sudah banyak, baru bisa ikut ke jenjang A3,” papar Sinek.

Ketua POSSI Lampung berharap antusiasme masyarakat terhadap olahraga selam semakin tinggi, sehingga muncul para penyelam pemula. Ia menilai Lampung memiliki potensi penyelam yang mumpuni sebab berada di kawasan bahari. Dengan banyaknya penyelam, Sinek berharap pantai dan laut di Indonesia semakin bersih.

“Jadi harapan semakin banyak penyelam yang ikut, sampah-sampah di laut bisa semakin bersih, karang-karang di tanam lagi agar untuk mengganti karang-karang yang dulu sudah rusak atau dirusak oleh nelayan,” ujar Ketua POSSI Lampung. (Red)

BACA JUGA: Anggota Puslatpur 8 Marinir Teluk Ratai Raih Prestasi Hingga ke Tingkat Nasional

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong