Logo Saibumi

Baru Seumur Jagung, DPRD Lambar Soroti Jalan di Pekon Hantatai Rusak

Baru Seumur Jagung, DPRD Lambar Soroti Jalan di Pekon Hantatai Rusak

Anggota DPRD Lambar, juga Anggota Komisi I Erwin Suhendra. (Foto: Edi Saputra)

Saibumi.com (SMSI), Lampung Barat - Pembangunan jalan di Pekon Hantatai, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat, menjadi sorotan DPRD setempat.

Anggota Komisi I, Erwin Suhendra, menyayangkan kondisi jalan yang rusak padahal baru saja beberapa bulan dibangun menggunakan anggaran Dana Desa Tahun 2019.

BACA JUGA: Dua Tahun Urus Izin Tak Kunjung Selesai, Pengusaha Keluhkan Lambatnya Dinas Perizinan Provinsi Lampung

"Mengingat program nasional ini sudah terkonsep dengan jelas, lugas dan terstruktur, dimana proses pelaksanaan didampingi oleh pendamping Dana Desa dengan basis pendidikan, bidang teknik juga sebagai leading sektor adalah DPMP, jadi kami sangat menyayangkan hal buruk seperti ini terjadi," kata Erwin yang juga membidangi Bagian Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMMP).

Ia menuturkan, sebagai ilustrasi bahwa proses pencairan dana terdiri dari tiga tahapan. Yakni tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen, dan tahap ketiga persen. Berarti pencairan dana disesuaikan dengan progres pekerjaan yang tentunya melalui pemeriksaan di lapangan yang dilakukan oleh dinas yang berwenang untuk merekomendasi pencairan dana.

"Dalam pelaksanaan pekerjaan seharusnya dibimbing oleh pendamping serta diawasi oleh dinas terkait. Saya berharap agar berita ini segera ditindaklanjuti oleh Inspektorat kabupaten agar jelas kebenaran dan duduk permasalahannya agar tidak terulang lagi hal seperti ini dimasa yang akan datang yang terkesan adanya konspirasi,” ujarnya.

Ia menuturkan, jika terjadi kesalahan yang berakibat pada kerugian dan merugikan daerah atau negara harus dipertanggung jawabkan sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Jika memang mengarah penyalahan aturan dan hukum yang berlaku, kami meminta agar penegak hukum, juga bertindak, jangan sampai hal-hal seperti ini selalu terjadi, ini mencoreng program pemerintah pusat, khususnya presiden kita," kata dia.

Miris, jalan penghubung pekon antar pemangku tepatnya di Pekon Hantatai, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) Lampung Barat, yang dibangun dari Dana Desa tahun 2019 lalu, sudah terlihat hancur.  Batu-batu yang terpasang sudah keluar di permukaan badan jalan.

Ada tiga titik lokasi pembangunan badan jalan secara rabat beton di pekon tersebut. Namun saat ini sudah rusak, hal ini menunjukkan kualitas pembangunan yang tidak sesuai. Sementara jalannya pembangunan memiliki pendamping desa dan juga dibawah naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (PMD).

Laporan Reporter Saibumi.com Edi Saputra

BACA JUGA: Berantas DBD, Kodim dan Dinkes Lambar Lakukan Fogging

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong