Logo Saibumi

Ini Tips Hindari Mata Lelah Karena Komputer dan Gadget

Ini Tips Hindari Mata Lelah Karena Komputer dan Gadget

Ilustrasi mata lelah. Foto Istimewa

Saibumi.com (SMSI) Jakarta - Kegiatan depan komputer dan handphone menjadi aktifitas masyarakat urban. Tidak sedikit masalah mata lelah kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apalagi kalau kondisi ini terjadi saat melakukan aktivitas seperti belajar, bekerja, atau ketika mengemudikan kendaraan.

BACA JUGA: Calender of Event Pariwisata 2020 Resmi Launching

Mata adalah salah satu indera yang memiliki fungsi penting dan berharga. Jika seseorang sudah mengalami mata lelah maka kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan penglihatanya serta menurunkan kinerja, konsentrasi dan masalah kebutaan pada mata seperti minus hingga katarak.

Gejala yang muncul jika mata mengalami kelelahan adalah mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi dan lebih peka terhadap cahaya.

Dr. Elvioza, SpM(K), Ketua Retina Service dan Dokter Spesialis Mata Subspesialis Vitreoretina JEC, membagikan tips mencegah mata kelelahan agar menghindari masalah kebutaan, pada acara JEC perkenalkan teknologi Semi-Robotic Surgery dan membuka Ophthalmic Trauma Service di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mata lelah umumnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun solusi untuk mengatasinya bisa melalui cara berikut:

Atur pencahayaan dan posisi layar komputer

Punya pekerjaan atau hobi terlalu lama depan komputer, maka atur pencahayaan layar komputer bisa  dengan bantuan filter. Saat beraktivitas dengan komputer, pastikan selalu menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60 cm agar jarak mata dan layar komputer ideal.

Pencahayaan ruangan

Cahaya ruangan yang terlalu terang juga dapat membuat mata gampang lelah. Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata, termasuk mengatur arah pencahayaan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaannya tetap ideal.

Istirahat secara berkala

Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Anda dianjurkan untuk sesekali beristirahat dari kegiatan tersebut. Beristirahatlah setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.

Mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin

Rendamlah kain, handuk atau tisu ke dalam air dingin lalu tempatkan di mata, setelah beberapa saat angkat handuk dan ulangi lagi hingga mata terasa segar. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan mata gatal.

Mencuci mata dengan air dingin

Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bisa membantu merilekskan mata dan mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.

Melihat pemandangan hijau

Tidak kalah penting, istirahatkan atau rilekskan mata Anda dengan melihat pemandangan warna hijau seperti pemandangan alam, pepohonan, taman. Ya, wisata ke alam sangat membantu membuat mata rileks sehingga baik untuk kesehatan mata

Makan buah dan olahraga

Makan buah yang mengandung vitamin A dan rutin olahraga juga membantu mata untuk rileks dan mencegah masalah mata.(Suara.com)

BACA JUGA: Pengurus SMSI Silaturahmi dengan Bupati Banjar

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong