Logo Saibumi

Disdukcapil Bandar Lampung Bakal Antar Langsung e-KTP Ke Rumah Warga

Disdukcapil Bandar Lampung Bakal Antar Langsung e-KTP Ke Rumah Warga

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainudin. | Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Warga Kota Bandar Lampung yang telah lama menunggu jadinya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), kini tidak perlu risau. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung mulai Rabu, 12 Februari 2020 akan mengantar KTP warga langsung ke rumah.

Disdukcapil Kota Bandar Lampung, terus berupaya tuntaskan 9.000 data Print Ready Record (PRR) atau data siap cetak. Pekan ini petugas pencetakan Disdukcapil akan mengerjakan sampai dengan 3.000 keping blanko KTP warga yang sudah lama melakukan perekaman.

"PRR yang sudah menunggu sekitar 9.000-an itu (e-KTP) akan segera kita kerjakan, mulai Sabtu dan Minggu (hari ini) kita sudah siap di lembur. Rabu besok, diperkirakan sekitar 1.000 atau 3.000 sudah jadi," kata Kepala Disdukcapil, Ahmad Zainudin, belum lama ini.

Zainudin menyampaikan, saat e-KTP tersebut sudah jadi dicetak, Disdukcapil Kota Bandar Lampung juga kembali menjalankan program lama, yakni mengantar KTP langsung ke depan rumah warga. Di mana tahun sebelumnya, ada 35.000 keping KTP yang diberikan langsung kepada pemilik

"Dari teknis tidak ada masalah, hari Rabu kita akan mengulang kembali membagikan e-KTP itu. Ketika sudah jadi, langsung kita bagikan. Nah, ini program lanjutan kita di tahun 2018-2019, dengan mengantarkan KTP yang sudah jadi by name by andress. Dibantu anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan ketua RT setempat," jelas Zainudin.

Dipenuhinya pencetakan blanko e-KTP 9.000 PRR itu, lantaran Disdukcapil sudah mendapat sebanyak 10.000 keping blanko dari Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dirjen Disdukcapil pasca penandatangan MoU atas digelontorkannya dana hibah senilai Rp1,2 miliar oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Ini merupakan wujud perhatian atas keinginan warga untuk terpenuhi pelayanan e-KTP. Jadi kita fokuskan selesaikan 5.000 PRR yang sangat mendesak dan sudah lama kita batasi," paparnya.

Sisanya 5.000 keping lagi blanko akan digunakan mulai saat ini. Bagi warga yang datang langsung ke Mal Pelayanan Terpadu Satu Atap Sekretariat Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Yang terbaru 5.000 keping ini digunakan untuk yang saat ini merekam dan langsung membuat. Di mana saya ingin mencoba dan merangsang warga untuk buat KTP, kesannya selama ini yang akan melakukan perekaman KTP pesimis karena takut lama. Alhamdulillah dua minggu ini kita buat 3 hari jadi," paparnya.

Untuk waktu jadinya KTP tersebut, tambah Zainudin, disesuaikan dengan antrian yang datang setiap harinya. Namun dengan tidak ada permasalahan teknis, pencetakan KTP bisa satu hari jadi. Bahkan 5 menit untuk warga dengan pertimbangan khusus.

"Ini jatah Kota Bandar Lampung dari pemerintah pusat. Kita alat lengkap, SDM kita juga enggak ada masalah. Dalam sehari bisa mengerjakan 1.000 selesai, kita maksimalkan 2.000 juga bisa. Jika antrian sebanyak ini tidak mungkin 5 menit, jadi pagi datang, sore baru bisa jadi. Kecuali lansia, disabilitas, dan diperlukan untuk berobat," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Jelang Sertijab, Danbrigif 4 Marinir/BS Resmikan Lapangan Tembak Beruang Hitam

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong