Logo Saibumi

Abdul Rahman Pembobol Kotak Amal Masjid Dibekuk Polisi

Abdul Rahman Pembobol Kotak Amal Masjid Dibekuk Polisi

Tim Operasional Unit Reskrim Polsek Mampang Prapatan menangkap pelaku pencurian kotak amal Masjid Al Hurriyah Mampang Prapatan di Stasiun Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/2/2020). [Dok. Polres Metro Jakarta Selatan]

Saibumi.com (SMSI) JakartaPolres Metro Jakarta Selatan menangkap terduga pelaku pencurian kotak amal Masjid Al Hurriyah, Mampang Prapatan. Pelaku ditangkap setelah turun dari Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Citayam, Bogor.

Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, AKBP Mochammad Irwan Susanto, menerangkan pelaku yang bernama Abdul Rahman Wahid (29), merupakan pengangguran dan tercatat sebagai warga Pancoran Barat, Jaksel.

BACA JUGA: 260 Kenshi Ikuti Latihan Bersama di PB Perkemi

Setelah melakukan pencurian kotak amal, pelaku pindah dari Pancoran ke Citayam, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

Pelaku ditangkap di Stasiun Citayam, setelah turun dari KRL dari Tanah Abang menuju Stasiun Bogor, pada Kamis, 6 Februari 2020 pukul 23.00 WIB.

Irwan mengatakan Abdul Rahman Wahid melakukan aksi pencurian kotak amal di Masjid Al Hurriyah Mampang Prapatan, Senin, 3 Februari 2020, pukul 03.30 WIB.

Pelaku beraksi seorang diri menggunakan alat pemotong besi berupa gerinda, untuk memotong teralis besi dan kotak amal yang terbuat dari besi tersebut.

"Cara pelaku melakukan pencurian dengan mencongkel jendela masjid, kemudian mencolokkan stop kontak yang ada di dalam masjid, menggunakan dua kabel rol yang disambungkan," paparnya dilansir dari Suara.com.

Selanjutnya, kata Irwan, pelaku memotong empat buah gembok kotak amal yang terbuat dari besi dengan menggunakan alat pemotong besi.

Setelah berhasil pelaku membawa kotak amal tersebut ke samping kamar mandi masjid dan memotong kembali dengan menggunakan gerinda.

"Pelaku memotong kembali dengan menggunakan gerinda, setelah berhasil uang yang ada di dalam diambil oleh pelaku. Dia mengaku uang dalam kotak amal berjumlah Rp 235.000," kata Irwan.

Kasus pencurian tersebut lantas dilaporkan oleh pengurus DKM Masjid Al Hurriyah ke Polsek Mampang Prapatan. Anggota Polsek Mampang Prapatan lalu melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan berhasil mengidentifikasi pelaku melalui rekaman CCTV yang terpasang di sekitar masjid.

Irwan mengatakan setelah mengantongi identitas pelaku, polisi lalu mencari keberadaan pelaku yang ternyata sudah pindah dari wilayah Pancoran Barat ke Citayam Bogor.

"Anggota kami berhasil menangkap pelaku saat baru turun dari KRL dari Tanah Abang menuju Bogor," kata Irwan.

Akibat perbuatannya pelaku kini ditahan polisi dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara. (*)

BACA JUGA: Tak Takut Virus Corona, Daging Kelelawar Laku 15 Ekor per Hari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA