Logo Saibumi

KONI Lampung Tambah 10 Cabor Baru di PON XX Papua

KONI Lampung Tambah 10 Cabor Baru di PON XX Papua

Wakil Ketua Umum 2 KONI Lampung Frans Nurseto. (Foto : Dokumen Saibumi.com)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung – Kejar posisi 10 besar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung menambah 10 cabang olahraga (cabor).

Sepuluh cabor tambahan yakni, arung jeram, Korfball, bowling, balap sepeda, ski air, woodball, gateball, golf, soft tenis, tenis meja, dansa, dan petanque. Cabor ini dipersiapkan untuk bertanding pada PON 2020 dengan target meraih tiga mendali emas dari masing-masing cabor.

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Bandar Lampung Bisa Cetak KTP-El Sendiri

"Dari penambahan ini, total Provinsi Lampung siap mengikuti 25 cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON 2020. Ada satu cabang olahraga yakni dayung yang mendapat jatah wildcard pada cabang dayung kelas kayak Putra," ujar Wakil Ketua Umum 2 KONI Lampung, Frans Nurseto, saat meninjau mess atlet Lampung, Jumat, 7 Februari 2020.

Frans Nurseto menyebut, raihan cabang olah raga woodball yang mampu meraih dua medali perak dan 1 perunggu pada praPON lalu. Sehingga menjadi modal besar untuk membidik satu emas pada cabang olah raga yang sebelumnya sempat dicoret pada PON Papua.

"Saya mengapresiasi pada tiga cabor ini yang terus mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan, sekalipun kejelasan mengikuti PON masih belum ada. Karena sejak awal, atlet masing cabor tersebut memang diintruksikan terus berlatih dari pengurus besar masing-masing," katanya.

Dari 10 cabor ini, Lampung siap turun pada cabor Woodball, Gateball dan Golf, yang akan di gelar di Provinsi Jawa Timur, pada 10 Oktober 2020 mendatang. Dengan begitu, KONI Lampung berharap para atletnya mempersiapkan diri dan akan mengikuti setralisasi atlet bersama 22 cabang olah raga yang sudah melakukan Training Center (TC).

"Tidak ada perlakukan istimewa bagi atlet yang baru mengikuti setralisasi, begitu SK telah diputuskan maka mereka langsung bergabung dengan kita di mess atlet dan mengikuti TC jangka panjang," terangnya.

Dari total 154 atlet dan 63 pelatih yang saat ini TC, pada April mendatang siap mengelar tes fisik tahap dua. Nantinya jika mendapat hasil sempurna dan baik sekali, maka masing-masing cabor boleh melaksanakan latih tanding keluar negeri sesuai rekomendasi cabor yang bersangkutan.

"Sistem degradasi cabor akan dilakukan KONI Lampung pada bulan Juni atau Juli mendatang, untuk menentukan cabor apa saja yang akan dikirim ke PON Papua dan Jawa Timur. Jadi  selama TC ini, atlet dan pelatih dapat bersunguh  mempersiapkan diri guna memenuhi target 10 besar," jelasnya.

Ia menambahkan Provinsi Lampung juga siap mengikuti 2 cabor eksebisi yang dipertandingkan pada PON 2020, yakni Kurash dan Sambo. Saat ini, latihan intesif di laksanakan di PKOR way Halim setiap harinya.

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Asyik! Buat KTP-El, Akta, Hingga KIA Kini Bisa Lewat Online

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA