Logo Saibumi

Pertama di Indonesia, Bandar Lampung Bisa Cetak KTP-El Sendiri

Pertama di Indonesia, Bandar Lampung Bisa Cetak KTP-El Sendiri

Kepala Disdukcapil, Ahmad Zainudin, saat meninjau warga Bandar Lampung yang mengantri dalam pembuatan KTP-El di Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (FOTO: Siska Purnama Sari)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Pertama di Indonesia, Dinas Pendidikan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung bisa melakukan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Kota Tapis Berseri ini menjadi menjadi penggagas Permendagri No. 99 tahun 2019.

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainudin, menjelaskan bahwa pada Rabu, 5 Februari 2020, Pemerintah Kota Bandar Lampung sudah menandatangani Mou dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dirjen Disdukcapil.

BACA JUGA: Asyik! Buat KTP-El, Akta, Hingga KIA Kini Bisa Lewat Online

"Ditandatangani naskah perjanjian kerjasama dari pihak dirjen Disdukcapil ini merupakan kejadian pertama di Indonesia. Dan kita patut berbangga karena selama ini terbatas se-Indonesia. Namun kita bisa mencetak secara mandiri," kata Ahmad Zainudin, Jumat, 7 Februari 2020.

Usulan mencetak blanko KTP-El ini, merupakan gagasan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN di akhir bulan November 2019 lalu, dengan memberikan dana hibah Rp 1,2 miliar dari anggaran APBD murni 2020, yang masuk dalam anggaran hibah wali kota untuk 100.000 keping blanko.

"Usulan Bapak Wali Kota telah keluar Permendagri No. 99 Tahun 2019, itu yang menjadi dasar untuk pelaksanaan hibah. Ini kinerja Disdukcapil Kota Bandar Lampung yang bisa dimanfaatkan oleh kabupaten kota lain," tegasnya.

Pemkot mengusulkan mengadakan KTP-El untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Bandar Lampung, yang selama ini sangat memerlukan identitas kependudukan.

"Kami berharap bulan maret ini, pemkot telah tersedia blanko KTP-El dengan waktu pembuatan lebih cepat," ungkapnya.

Diberitahukannya,  bahwa sejak dua minggu lalu Disdukcapil Kota Bandar Lampung sudah mendapat sebanyak 10 ribu keping blanko KTP el dari Dirjen. Dan dengan blanko itu, pihaknya sudah melakukan pencetakan.

"Ini sudah berjalan, kita coba untuk 3 hari jadi. Jadi warga kota Bandar Lampung yang telah memenuhi syarat untuk perekaman, bisa langsung ke Mal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Bisa juga lebih cepat, hanya 5 sampai 15 menit, ada pengecualian khusus dan pertimbangan khusus," pungkasnya.

Untuk diketahui, penandatangan MOU langsung dilakukan Sekretaris Dirjen Disdukcapil, Gede Surata. Sementara dari pihak Pemerintah Kota Bandar Lampung diutus Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung, Willson Faisol, yang didampingi oleh Kepala Disdukcapil Ahmad Zainudin dan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Sukarma Wijaya.

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Wali Kota Herman HN Minta BPN Tidak Pasang Tarif Mahal Urus PTSL

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA