Logo Saibumi

Asyik! Buat KTP-El, Akta, Hingga KIA Kini Bisa Lewat Online

Asyik! Buat KTP-El, Akta, Hingga KIA Kini Bisa Lewat Online

Kepala Disdukcapil, A. Zainuddin, menunjukkan loket online khusus untuk melayani warga yang mengurus administrasi lewat sistem online. (FOTO : Siska Purnama Sari)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Ada kabar baik untuk masyarakat Kota Bandar Lampung. Kini untuk mengurus administrasi kependudukan sudah bisa dilakukan secara online.

Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah menggagas aplikasi berbasis website dan android untuk pelayanan surat menyurat kependudukan.

BACA JUGA: Wali Kota Herman HN Minta BPN Tidak Pasang Tarif Mahal Urus PTSL

Warga Bandar Lampung yang ingin mengajukan permohonan layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), akta kelahiran dan surat menyurat kependudukan bisa langsung mengakses laman resmi disdukcapil.bandarlampungkota.go.id.

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainudin, menjelaskan layanan tersebut sudah bisa diakses secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Disdukcapil Bandar Lampung dengan mudah dan praktis digunakan.

"Program pembuatan online ini sudah berjalan dua minggu, filosofinya ini sarana komunikasi yang positif kepada warga Bandar Lampung yang serius untuk membuat dokumen kependudukan silahkan buka web di situ. Insya Allah jika teknisnya dan dijalankan sesuai prosedur akan berjalan lancar," kata Zainudin, di ruang kerjanya, Jumat, 7 Februari 2020.

Selain untuk mendapatkan informasi tentang pembuatan KTP-El, akta dan KIA, masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran pembuatan dokumen di laman web tersebut.

"Setelah mendaftar, dia bisa menunjukan langsung ke loket khusus online yang baru dua hari ini kita buat. Masa berlaku pendaftaran itu sampai 7 hari kita tunggu, kalau lebih akan hangus sendiri," jelasnya.

Nilai plusnya, sambung Zainudin, masyarakat juga bisa bertanya melalui chatting lewat aplikasi. Ini merupakan terobosan dalam memberikan kesempatan, ketepatan efisiensi dalam waktu sesuai dengan perkembangan teknologi.

"Mau mendaftar lewat itu, mau bertanya  atau memberikan saran silahkan untuk ke web. Akan dijawab adminnya 1x24 jam," ujar Zainudin.

Zainudin mengaku, sejauh ini akun yang masuk ke aplikasi online Disdukcapil sudah mencapai 3.000 akun.

"Sudah cukup banyak yang masuk sudah 3.000-an lebih. Yang bertanya soal, KTP-El juga sangat efektif, ini lebih efisiensi agar orang tidak bolak balik," pungkasnya.

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Herman HN Bagikan 2.000 Sertifikat Tanah Milik Warga

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA