Logo Saibumi

Cabor Senam Berpotensi Sumbangkan Emas di PON XX Papua

Cabor Senam Berpotensi Sumbangkan Emas di PON XX Papua

Ketua KONI Lampung, Muhammad Yusuf Sulfarano Barusman. (FOTO: Siska Purnama Sari)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Cabang Olahraga (Cabor) Senam dinilai akan sangat mendukung tercapainya target Lampung masuk 10 besar dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Bahkan, senam berpotensi meraih lebih dari satu medali emas untuk Lampung.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, Muhammad Yusuf Sulfarano Barusman, mengatakan ada beberapa cabor yang berpotensi mendapatkan lebih dari satu emas.

BACA JUGA: Ketua KONI Pusat : Kempo di Indonesia Sangat Membanggakan

"KONI menggelar tryout dan latihan sampai keluar negeri. Beberapa cabang olahraga yang kita pandang sangat berpontesi dapat emas lebih dari satu emas yakni senam. Sehingga kita kirim ke Bulgaria, Rumania dan Jepang," kata pria yang akrab disapa Yusuf Barusman, kepada Saibumi, Kamis 6 Februari 2020.

Diutarakannya, untuk mencapai target 10 besar tersebut, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap cabor yang memiliki potensi lebih. Nantinya baru akan ditentukan teknis pelaksanaan sesuai dengan bidang atlet.

 "Pertama kita yakin dulu bahwa fisik atlet yang bersangkutan itu sempurna, dengan begitu secara teknis kita sudah melibatkan bidang prestasi termasuk sport science. Kita evaluasi dan lakukan pembinaan, nanti terukur berapa banyak orang yang bisa mencapai fisik sempurna itu," jelasnya Yusuf.

Dari teknis cabor dilakukan langsung oleh pelatih teknis. Saat ini KONI akan melaksanakan kegiatan training center atau pemusatan latihan daerah (Pelatda).

"Tentu kita berikan kesempatan mereka melakukan kegiatan pelatihan, saat ini mulai dilaksanakan pelatda. Kita organisir semuanya, termasuk kebutuhan kepelatihan," Yusuf.

Yusuf mengungkapkan, salah satu yang penting dalam pelatihan  adalah sarana dan prasarana. "Kalau gedung sudah kita bereskan dengan dukungan  Pak Gubernur di Gedung Sumpah Pemuda Hall A, B, dan C. Kemudian bagi cabor yang sudah punya tempat latihan sendiri dan mereka sudah nyaman dengan tempat itu, dipersilahkan mengunakan saran pelatihan sendiri. Namun, semuanya harus koordinasi dan monitoring dari tim satgas PON," pungkasnya.

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Masa Kepengurusan Selesai, KONI Bandar Lampung Segera Gelar Musorkot

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA