Logo Saibumi

Awas! Virus Akibat Berciuman Tingkatkan Peluang Penyakit Lupus dan Autoimun

Awas! Virus Akibat Berciuman Tingkatkan Peluang Penyakit Lupus dan Autoimun

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI) -  Penyakit berciuman yang disebabkan virus Epstein-Barr (EBV), mononukleosis, disebut dapat meningkatkan peluang penyakit lupus dan enam gangguan autoimun lain.

Hal tersebut dikemukakan dalam sebuah studi yang dilakukan John Harley, seorang rheumatologist di Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati, Ohio.

BACA JUGA: Waspadai Nyeri pada Penis saat Buang Air Kecil

Menurut penelitiannya, virus Epstein-Barr (EBV) dapat menyebabkan perubahan ekspresi gen seseorang.

"Pekerjaan ini mengubah paradigma dalam cara kita berpikir tentang kerentanan genetik dan interaksi antara risiko genetik dan lingkungan," kata seorang ahli genetika dan reumatologi di University of Michigan di Ann Arbor, Amr Sawalha, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, dilansir Sciencemaf.org dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Rabu, 29 Januari 2020,

Sebenarnya para ilmuwan telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa EBV juga terkait dengan beberapa gangguan autoimun, termasuk multiple sclerosis dan rheumatoid arthritis.

Anak-anak yang terinfeksi EBV juga 50 kali lebih mungkin mengembangkan lupus.

"Studi ini adalah yang pertama menunjukkan mekanisme bagaimana faktor lingkungan seperti infeksi, mengubah risiko genetik untuk membuat beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit radang daripada lainnya," kata Sawalha.

Tetapi beberapa peneliti menginginkan bukti lebih nyata karena penelitian ini mengandalkan asosiasi dari kumpulan data besar.

"Tunjukkan biologisnya padaku," kata rheumatologist di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, George Tsokos.

Meski demikian, Tsokos menyebut karya ini sebagai 'perubahan paradigma'.

Ini menyiratkan, vaksin EBV, jika dikembangkan, dapat mencegah tidak hanya mononukleosis, tetapi banyak gangguan lain, mirip dengan cara vaksin human papillomavirus mengurangi risiko kanker serviks.

Temuan ini juga menunjukkan potensi terapi baru untuk lupus dan penyakit autoimun lainnya. (*/ruslan)

BACA JUGA: Wabah Virus Corona, 54 Orang Positif di 14 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong