Logo Saibumi

Waspadai Nyeri pada Penis saat Buang Air Kecil

Waspadai Nyeri pada Penis saat Buang Air Kecil

Dokter Klinik Utama Saibumi, dr. Sihol Erwin Nainggolan. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Penyebab terburuk penis terasa sakit saat buang air kecil yakni kanker kandung kemih, namun penyebab umumnya adalah infeksi saluran kemih. Oleh karena itu waspadai gejala tersebut dan baiknya periksakan diri ke dokter sedini mungkin.

Dokter Klinik Utama Saibumi, dr. Sihol Erwin Nainggolan menjelaskan, rasa sakit saat kencing bisa menjadi pertanda adanya masalah pada saluran kemih. Pada kondisi ini bisa terasa nyeri, tidak nyaman dan perih pada jalur keluarnya urine, di belakang tulang kemaluan, kandung kemih atau prostat.

"Umumnya jika rasa nyeri tersebut biasanya timbul dan tenggelam dengan sendirinya kemungkinan adanya infeksi saluran kemih (ISK). Segera cari tahu penyebabnya, konsultasikan ke dokter agar ditangani dengan cepat dan tepat," kata dr.Sihol, Selasa, 28 Januari 2020.

Namun tetap harus diwaspadai sebab terdapat beberapa kondisi yang bisa memicu rasa sakit tersebut, misalnya karena infeksi penyakit menular seksual, mulai munculnya batu ginjal, atau infeksi pada prostat.

"Karena itu jangan dibiarkan, konsultasikan ke dokter. Kemudian harus dilakukan pengecekan urine lengkap, untuk melihat bakteri yang terkandung. Dan termasuk terapi obat sesuai dengan anjuran dokter," paparnya.

Dijelaskannya, penyebab infeksi saluran kencing yaitu bakteri Escherichia coli (E.coli) yang ditemukan pada usus. Bakteri ini sebenarnya hidup di saluran pencernaan, namun bisa menginfeksi dan berkembang biak di saluran kemih.

"Infeksi terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui lubang kencing. Penyebab lainnya, karena konsumsi alkohol, sering menahan kencing, kurang minum air putih," masih Kata dr. Sihol.

Dokter Sihol menambahkan, jika ISK tidak hanya bisa terjadi pada pria namun yabg paling rentan adalah wanita. Dengan begitu, Dokter Sihol membagikan tips agar terhindar dari resiko ISK, yakni denhan cara:

*Minum banyak air putih
*Pola hidup sehat, tidak minum alkohol
*Jangan menahan buang air kecil
*Membilas anus dan area genital
*Pakai celana dalam yang menyerap keringat

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Ini Penjelasan Kemenkes soal Suspect Virus Corona Wuhan di Indonesia

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong