Logo Saibumi

Virus Corona Wuhan China, Perawat Sebut Lebih dari 90 Ribu Orang Terinfeksi

Virus Corona Wuhan China, Perawat Sebut Lebih dari 90 Ribu Orang Terinfeksi

Perawat di Wuhan (YouTube/Ronald Daquipil)

Saibumi.com (SMSI) - Jumlah kasus kematian virus corona Wuhan makin meningkat setiap harinya. Hingga Selasa, 28 Januari 2020 terdeteksi ada lebih dari 4000 kasus dan 106 dilaporkan meninggal dunia.

Namun, seorang perawat perempuan dari Wuhan, China, mengklaim sebenarnya jumlah dari orang terinfeksi virus lebih dari jumlah tersebut.

BACA JUGA: Dinkes Lampung Timur: TKW Asal Beijing Meninggal Akibat Liver Stadium 4

Perawat tersebut membuat video pernyataan, yang belum tentu terverifikasi, mengatakan bahwa sebenarnya ada sekitar 90 ribu orang di China yang telah terinfeksi virus corona baru (2019-nCoV).

"Aku saat ini berada di Distrik Hankou yang terinfeksi di Wuhan. Biarkan aku memberi tahu kalian tentang situasi Provinsi Hubei dan China saat ini," tuturnya dalam video tersebut.

Dilansir World of Buzz, ia mengatakan pada Senin (27/1), setidaknya ada lebih dari 90 ribu orang terinfeksi.

"Berapa tingkat infeksinya? Tanpa karantina langsung atau pengobatan yang efektif, satu orang yang terinfeksi dapat menularkan virus ke 14 (orang) terdekat. Tingkat infeksi sangat tinggi," sambungnya.

Meski ini hanya klaim oleh seorang perawat Wuhan, tidak mengherankan karena rumah sakit di China diduga sangat penuh sesak sehingga pasien yang terinfeksi berbaring tak bernyawa di lantai sambil menunggu perawatan karena kekurangan staf di rumah sakit.

Ternyata peneliti Inggris sependapat dengan penilaian perawat tersebut. Profesor Neil Ferguson dari Imperial College mengatakan kepada The Guardian bahwa 'tebakan terbaik' adalah total 100 ribu orang yang terinfeksi, tetapi hanya beberapa ribu kasus yang telah dikonfirmasi.

Apa yang membuat virus Wuhan begitu mematikan adalah bahwa orang yang terinfeksi dapat menularkan virus ke orang lain selama masa inkubasi, bahkan sebelum gejalanya muncul, menurut BBC.

Artinya, orang di bandara dan pemeriksaan suhu mungkin sudah terinfeksi dan menulari orang lain, tetapi diizinkan lewat karena mereka tidak memiliki gejala.(Suara.com)

 

 

BACA JUGA: Yonif 7 Mar Menggelar Pertemuan Bulanan Ranting A Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong