Logo Saibumi

Waspada! Satu Pasien Terinfeksi Virus Corona Bisa Menulari Tiga Orang Lainnya

Waspada! Satu Pasien Terinfeksi Virus Corona Bisa Menulari Tiga Orang Lainnya

Petugas kesehatan di Bandara Changi, Singapura mendeteksi penumpang pesawat yang baru datang dari China terkait mewabahnya virus corona. I Foto: AFP

Saibumi.com (SMSI) - Berdasarkan data WHO per 26 Januari 2020, sebanyak 2.014 orang positif terjangkit virus corona dan 56 orang meninggal dunia.

Penyebaran virus corona yang sangat pesat ini tentu meningkatkan kekhawatiran masyarakat.

BACA JUGA: Turun Kelas BPJS Kesehatan Bisa Diajukan dari Rumah, Begini Caranya

Para peneliti dari Imperial College London dan Lancaster University lantas mencari tahu tingkat risiko satu pasien menularkan virus corona ke orang lain.

Mereka menyimpulkan setiap orang yang terinfeksi virus corona bisa menularkan penyakitnya terhadap rata-rata antara dua sampai tiga orang.

Sederhananya, setiap orang yang terinfeksi virus corona sangat berisiko menularkan penyakitnya pada tiga orang di sekitarnya.

Laporan dari Straits Times yang dikutip Worldofbuzz.com dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, para peneliti mengatakan tingkat penyebaran ini turun ke efektivitas langkah-langkah kontrol untuk mengendalikan wabah.

Setidaknya, 60 persen dari kasus virus corona perlu menghentikan transmisi.

Namun, para ilmuwan berpendapat wabah virus corona ini tidak dapat ditahan di China, mengingat jumlah kematian yang terus bertambah dan korban terinfeksi mencapai lebih dari 2.000 orang.

Para peneliti pun memiliki perkiraan mengenai penularan virus corona ini yang lebih parah.

Jika epidemi tak dapat dikendalikan, ada kemungkinan penyebaran virus corona jauh lebih besar pada awal Febuari 2020.

Menurut peneliti Lancaster University, kasus virus corona di Wuhan, China akan meningkat sekitar 190 ribu pada awal Febuari 2020.

Bahkan, infeksi virus corona ini akan menyebar ke kota-kota lain di China dan negara lainnya.

Raina Mclntyre dari Kirby institute pun menyampaikan kekhawatirannya jika virus corona Wuhan ini terus berkembang dan menyebar lebih luas dalam beberapa hari.

"Semakin luas jangkauan orang yang terinfeksi virus corona, maka semakin besar risiko penyebarannya secara global," ujarnya.

Oleh karena itu, setiap negara perlu mempersiapkan diri dalam mencegah penularan virus corona Wuhan.

Semua orang juga perlu meningkatkan kewaspadaannya dengan melakukan sejumlah upaya pelindungan diri. (*/ruslan)

BACA JUGA: Johny Indo Meninggal, Berhenti Ceramah karena Alzheimer? Kenali Gejalanya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong