Logo Saibumi

Makanan Bergizi dapat Kurangi Resiko Kanker Payudara

Makanan Bergizi dapat Kurangi Resiko Kanker Payudara

Ilustrasi perempuan. Foto Istimewa

Saibumi.com (SMSI) Jakarta - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita wanita di seluruh dunia. Menurut sebuah penelitian, pola makan bertanggung jawab atas 35 persen dari semua kasus kanker. Makanan bergizi dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

The American Cancer Society merekomendasikan makan lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, dan produk susu dan mengurangi konsumsi daging merah, alkohol, dan permen.

BACA JUGA: Wacanakan Berbayar WhatsApp Kembali Eror

Dilansir dari Bold Sky, berikut lima makanan yang membantu mengurangi risiko payudara.

  1. Buah

Buah-buahan beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry hitam memiliki jumlah antioksidan polifenol yang tinggi yang menunjukkan sifat anti-kanker. Menurut sebuah penelitian, buah beri mengandung phytochemical yang telah dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara. Mengonsumsi secangkir beri setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Studi lain menemukan bahwa polifenol yang ada dalam plum dan persik dapat mencegah sel kanker payudara berkembang.

  1. Sayuran

Sayuran seperti kale, brokoli, bayam, bit hijau, kembang kol, dan kol kaya akan serat makanan dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang dapat membantu mencegah risiko kanker payudara. Sayuran ini juga mengandung glukosinolat, sejenis bahan kimia yang memiliki sifat anti-karsinogenik yang dapat mencegah pembentukan sel kanker.

Selain itu, sayuran berwarna oranye seperti wortel, kentang manis dan melon mengandung senyawa kuat yang disebut karotenoid. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, arotenoid dapat menurunkan risiko kanker payudara.

  1. Biji-bijian

Semua makanan makanan biji-bijian seperti beras merah, oatmeal, jagung, barley, dan farro mengandung polifenol tinggi dan nutrisi lain seperti magnesium, protein, dan serat. Kandungan tersebut berperan mengelola risiko kanker payudara.

  1. Asam lemak

Asam lemak omega 3 dapat mengurangi risiko kanker payudara. Asam lemak omega 3 ditemukan dalam ikan air dingin, minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan, dan alpukat.

  1. Bumbu dan rempah-rempah

Bumbu seperti kunyit dan cabai merah yang segar dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Kunyit mengandung senyawa kuat yang disebut curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang menghambat perkembangan sel kanker payudara. Menurut penelitian Ruth Clark dan Seong-Ho Lee dari Department of Nutrition and Food Science, University of Maryland, cabai mengandung capsaicin yang dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara ganas.(Tempo.co)

BACA JUGA: Ishak Siap Mundur dari Inspektorat Provinsi untuk Maju Pilkada Lampung Selatan

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong