Logo Saibumi

Tips AHASS Astra Motor Natar, Bolehkah Melibas Banjir dengan Motor?

Tips AHASS Astra Motor Natar, Bolehkah Melibas Banjir dengan Motor?

Ilustrasi berkendara saat hujan.

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Melihat sepeda motor mogok saat menerobos banjir memang umum kita lihat di jalan, itu dikarenakan air mengganggu sistem pembakaran mesin.

Efek kecilnya hanya mogok dikarenakan busi terendam, namun fatalnya mesin bisa rusak parah jika air sampai masuk kedalam komponen mesin.

Lantas boleh atau tidak melibas banjir dengan sepeda motor?

Jika ada pertanyaan seperti itu, sudah pasti pihak pabrikan melarangnya karena akan merusak komponen-komponen mesin dan pendukung lainnya meskipun sudah anti air.

Lalu jika terpaksa? Boleh saja asal tahu triknya, agak air tidak sampai masuk kedalam mesin.

Triknya, yaitu sebaiknya tahan gas pada RPM tinggi dan jangan sampai terlepas, sebab jika terlepas mesin akan meyedot air.

Kemudian perhatikan posisi air intake, biasanya posisinya dibawah jok atau diatas CVT jika menggunakan jenis matic. Usahakan air jangan berada lebih tinggi dari air intake. (Adv)

BACA JUGA: Kelebihan New Honda CRF 150CC

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong