Logo Saibumi

Cara Aman Berkendara Boncengan dari Astra Motor Natar

Cara Aman Berkendara Boncengan dari Astra Motor Natar

Ilustrasi boncengan.

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Resiko dalam berkendara baik pengendara maupun yang dibonceng (boncenger) sama. Karena itu baik pengendara maupun boncenger harus Cari_Aman supaya safety dan nyaman.

Untuk itu baik pengendara dan penumpang sebelum berkendara bersama-sama memastikan tubuhnya dalam kondisi fit. Kuat untuk berkendara yang akan dilakukan.
Rinding gear yang dipakai antara pengendara dan boncenger sama-sama lengkap dan aman. Dari helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana yang safety dipakai.

Jangan pandang enteng sebagai boncenger dengan mengurangi atau tidak lengkap dalam memakai perlengkapan berkendara. Ingat resiko berkendaranya sama, perlengkapan yang dipakai juga sama-sama safety.

Jangan ditawar untuk urusan safety.
Ketika berkendara pengendara dan penumpang kompak. Penumpang akan lebih baik menempel pengendara supaya gerakannya menjadi satu dan pengendara mudah dalam handling motor.

Penumpang bisa mengikuti dengan baik gerakan tubuh pengendara. Jangan melawan karena akan menyulitkan di handling.

Riding postur pengendara dan boncenger juga mirip. Jika pengendara mata memandang ke depan, bahu rileks, siku tangan menekuk, tangan memegang handgrip, kaki di atas pedal perseneling dan rem, lutut atau paha menjepit tangki dan duduk dengan nyaman.

Boncenger mirip. Tapi ada yang beda. Yaitu pada lutut dimana paha boncenger mengamit kaki pengendara atau bodi di depannya. Kaki jangan terbuka. Kondisi kaki juga santai, tidak tegang supaya tidak cepat pegal.

Posisi duduk penumpang mengarah atau sama seperti pengendara yaitu arah depan. Hindari kondisi menyamping. Sebab bisa mempengaruhi distribusi titik berat dan posisi boncenger ke samping kaki yang menyamping bisa melebihi lebar terluar dari motor, bahaya.

Tangan penumpang lebih baik memeluk pengendara. Boncenger mengikuti setiap gerakan pengendara.
Penumpang juga menjadi navigator yang baik. Posisi jok penumpang yang biasanya lebih tinggi dari pengendara membikin boncenger bisa memandang luas ke depan. Situasi jalan dan lalu lintas bisa diketahui.

Bila ada sesuatu di jalan  seperti berkendara membahayakan, salah arah atau bawa motor terlalu kencang, boncenger bisa mengingatkan pengendara. Berkendara berboncengan aman dan nyaman. (Adv)

BACA JUGA: Sales Lapangan Tunas Honda Simpang Pematang Kanvasing di Desa Tanjung Menang dan Margojadi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong