Logo Saibumi

Suka Makanan Pedas? Hentikan Jika Mengalami Lima Hal Ini

Suka Makanan Pedas? Hentikan Jika Mengalami Lima Hal Ini

Foto: Ilustrasi/istimewa

Saibumi.com (SMSI) - Bagi sebagian orang, rasa pedas dalam makanan yang dikonsumsi menambah rasa nikmat.

Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang pada dasarnya sebagian besar suka makanan pedas.

BACA JUGA: Kenaikan Gaji Bisa Cegah Kematian Akibat Depresi dan Bunuh Diri

Meski makin populer, makanan pedas juga memiliki kerugian, yaitu dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama saat makan terlalu banyak.

Makanan pedas juga dapat memengaruhi tubuh dalam berbagai cara.

Dilansir Insider dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 13 Januari 2020, jika Anda mengalami tanda di bawah ini, artinya harus berhenti mengonsumsi makanan pedas.

1. Diare

Diare dapat disebabkan makanan yang mengandung minyak, stimulan, dan rempah-rempah.

Caipsin dalam makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung atau usus, yang mungkin memiliki efek pencahar pada beberapa orang, karena makanan ini memperlancar jalannya sistem pencernaan.

2. Insomnia

Makanan pedas dapat menyebabkan perut mulas, dan akan memburuk ketika dikonsumsi menjelang tidur.

Berbaring membuat asam di lambung mudah naik ke atas, dan membakar lapisan kerongkongan. Oleh karenanya, rasa tidak nyaman akibat mulas dapat membuat tidur terganggu.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk tidak makan makanan pedas saat sudah larut malam, dan jangan duduk terlalu lama sesudahnya. Bangun dan berjalan-jalan jika Anda bisa, Dr. David Greuner, MD.

3. Tenggorokan sakit

Makanan pedas dapat merangsang pita suara yang menyebabkan suara menjadi serak. Selain membuat tenggorokan iritasi, makanan pedas dapat menyebabkan beberapa masalah lain yang dipicu oleh refluk asam lambung (GERD).

4. Kehilangan selera makan

Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan pedas dapat mengurangi nafsu makan. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah yang lebih serius.

5. Mengalami gejala masalah gastritis

Gastritis terjadi ketika lapisan perut meradang dan dapat disebabkan makan makanan pedas. Kebanyakan orang mengalami gastritis akut, yang artinya datang tiba-tiba dan bersifat sementara.

Gejalanya meliputi mual, muntah, dan rasa kenyang di perut bagian atas setelah makan. Untuk menghindari sakit perut, cobalah mengurangi jumlah makanan pedas. (*/ruslan)

 

BACA JUGA: Kaum Rebahan Rawan Diabetes

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong