Logo Saibumi

Awal Tahun Ini Dinkes Bandar Lampung Identifikasi 30 Kasus DBD

Awal Tahun Ini Dinkes Bandar Lampung Identifikasi 30 Kasus DBD

Ilustrasi nyamuk penyebab DBD. Foto: Shutterstock

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Awal tahun 2020 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung mencatat telah terjadi sekitar 30-an kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinkes Kota Bandar Lampung Edwin Rusli mengatakan, terdapat beberapa kasus terindentifikasi DBD, sehingga masyarakat perlu waspada terlebih awal tahun ini memasuki musim penghujan.

"Untuk di awal tahun ini tidak lebih dari 20 sampai 30 kasus DBD, namun hal itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan sebab sampai saat ini tidak ada laporan pasien DBD sampai meninggal dunia seperti di kabupaten lainnya, alhamdulillah di tempat kita belum ada,"  ujar Kepala Dinkes Kota Bandar Lampung Edwin Rusli, saat menghadiri peresmian Klinik Kesehatan Saibumi, Minggu, 12 Januari 2020.

Menurutnya, kasus DBD sudah menjadi siklus tahunan. Memasuki musim penghujan, tingkat penyebaran virus terutama DBD akan lebih banyak daripada musim kemarau.

Sehingga koordinasi harus lebih ditingkatkan antara masyarakat dengan pemerintah melalui Dinkes atau pun Puskesmas. Ketika suatu wilayah terdapat kasus DBD,  makan warga segera melaporkannya langsung ke Dinkes.

"Ketika terdapat warga yang terkena DBD harus segera laporkan kepada kami (Dinkes) karena ada yang kami tahu dan tidak tahu. Ketika kami tahu maka bisa dilakukan fogging, dan laporan itu bisa masuk dari warga langsung atau dari rumah sakit dan Puskesmas," kata Edwin.

Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun dalam beberapa waktu ini terjadi sedikitnya 7 kasus DBD yang tersebar di daerah Telukbetung dan Panjang.

Menanggapi hal ini,  Dinkes dalam waktu dekat akan mencoba berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat agar dapat dilakukan pengasapan.

"Nanti kita akan datangi lakukan fogging dan juga pembagian bubuk abate ke seluruh masyarakat di wilayah sana," tandasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Walikota Harap Klinik Saibumi Layani Masyarakat dengan Baik

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong