Logo Saibumi

BMKG: Hujan Deras Akan Guyur Lampung Sampai Februari

BMKG: Hujan Deras Akan Guyur Lampung Sampai Februari

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Potensi hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi sampai Februari 2020 mendatang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan sering terjadi dan akan lebih banyak lagi

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto menerangkan, kondisi cuaca sepekan ke depan akan ada peningkatan karena beberapa faktor, baik skala global maupun lokal.

"Khusus di provinsi Lampung, yang pertama menguatnya angin monsun Asia yang menuju Australia. Di mana ini melewati Indonesia, salah satunya melewati Lampung," kata Rudi, ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis, 9 Januari 2020.

Rudi menjelaskan, angin muson Asia berkarakter dingin. Sehingga aliran masa udara membawa masa udara yang berpotensi hujan, akan banyak awan yang terbentuk dan meningkatkan curah hujan di wilayah Lampung.

"Sedangkan untuk faktor lokal, saat ini suhu permukaan air laut di perairan pesisir Lampung rata-rata menghangat dengan suhu 30 hingga 31 derajat celsius, dengan anomali 1 hingga 1,5 derajat celsius," ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan menghangatnya suhu permukaan air laut itu, akan menambah proses penguapan.

"Sehingga terbentuklah awan-awan berpotensi hujan di sekitar Lampung ditambah dengan arah angin dari barat hingga barat laut, yang memungkinkan awan tersebut masuk provinsi Lampung," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Wujudkan Profesionalisme ASN, Pejabat Administrator Pemprov Ikuti Uji Kompetensi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong