Logo Saibumi

Sengketa Lahan di Lampung Didominasi Tumpang Tindih Sertifikat Kepemilikan

Sengketa Lahan di Lampung Didominasi Tumpang Tindih Sertifikat Kepemilikan

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Ombudsman RI Perwakilan Lampung membukukan laporan akhir tahun pelayanan publik. Adapun permasalahan agraria atau pertanahan yang paling banyak dilaporkan masyarakat terkait dengan sengketa lahan.

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf menjelaskan, terkait masalah pertanahan yang diadukan masih didominasi sengketa lahan yang terjadi di Provinsi Lampung.

"Di antaranya, tumpang tindih sertifikat, mekanisme penyelesaian sengketa yang ada di internal instansi terkait masih belum berjalan dengan baik," kata Nur Rakhman di kantornya, Selasa, 7 Januari 2020.

Ditambah lagi, berdasarkan hasil survey Ombudsman di tahun 2019 pada 8 Kantor Pertanahan di Provinsi Lampung, seluruh Kantor Pertanahan tersebut belum mempunyai petugas pengelola pengaduan.

"Padahal dengan adanya petugas pengelola pengaduan dapat dijadikan sebagai salah satu pintu masuk dalam penyelesaian sengketa pertanahan," ucap dia.

Dari 21 laporan terkait dengan kasus pertanahan di Lampung, yang paling banyak menyokong dalam pelaporan itu, yakni tumpang tindih lahan dan tumpang tindih kepemilikan lahan.

"Subtansinya, di antaranya pembebasan jalan pemprov lintas sektoral, dari Kementrian PUPR, ada terkait tol. Yang paling banyak sengkenta tumpang tindih tanah dan dia mengakses pelayanan pembuatan sertifikat tapi enggak jadi jadi," ucapnya.

Meski begitu, tidak semua laporan yang masuk ke Ombudsman itu ditemukan maladminidtrasi. Bahkan banyak yang sudah melakukan pelimpahan kasus sendiri ke pengadilan, sehingga tidak bisa ditangani Ombudsman.

"Kayak laporan jalan tol, karena proses sudah berjalan, masyarakat sudah selesai tahapan ganti ruginya dan ditangani di pengadilan. Ketika sudah berada di pengadilan maka Ombudsman tidak memiliki kewenangan untuk bisa masuk," ucapnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Sejarah Shorinji Kempo Indonesia

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong